View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Nilai-Nilai Aswaja pada Siswa SMP Global Islamic School Al-Amin Gondanglegi

Thumbnail
View/Open
Publish (1.843Mb)
Fulltext (1.825Mb)
Date
2023-07-18
Author
Mefia, Ninda Eka Artha
Metadata
Show full item record
Abstract
Nilai-nilai Aswaja sangatlah penting untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada lingkungan sekolah. Pada fase remaja saat ini, siswa sangat mudah terpengaruh pergaulan bebas dari lingkungan luar sekolah. Jika pada saat ini siswa tidak dibimbing untuk mengimplementasikan nilai-nilai Aswaja, siswa akan merugi di masa depannya nanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Nilai-Nilai-Aswaja pada Siswa SMP Global Islamic School Al-Amin Gondanglegi Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini teknik dalam mengumpulkan data ada tiga macam yakni, dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik uji keabsahan data yaitu dengan menggunakan metode triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis pada penelitian kualitatif yaitu reduksi data, paparan data, dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: nilai-nilai Aswaja yang dikembangkan di SMP Global Islamic School Al-Amin Gondanglegi yakni nilai Tawassuth, Tasamuh, Tawazun, dan I’tidal. Dan Implementasi nilai-nilai Aswaja pada siswa SMP Global Islamic School Al-Amin Gondanglegi yakni nilai Tawassuth, Tasamuh, Tawazun, dan I’tidal. Terdapat dua faktor yang menjadi kendala dalam implementasi nilai-nilai Aswaja pada siswa yakni disebabkan oleh kurangnya ilmu pada penerapan nilai I’tidal sehingga menyebabkan siswa sering terlambat datang ke sekolah dengan berbagai macam alasan, serta disebabkan oleh tidak adanya mata pelajaran Aswaja di sekolah, sehingga siswa kurang mengerti dengan nilai-nilai Aswaja sekalipun dapat mengimplementasikannya. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi serta memberikan pengalaman terhadap pendidik mengenai implementasi nilai-nilai Aswaja pada siswa. Kata Kunci: Implementasi, Nilai-Nilai, Aswaja
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8317
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group