Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo

Show simple item record

dc.contributor.author Alkafi, Zahrona
dc.date.accessioned 2023-10-13T07:19:35Z
dc.date.available 2023-10-13T07:19:35Z
dc.date.issued 2023-08-12
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8318
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter budaya siswa yang ada di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo, karena sekolah ini telah menciptakan lingkungan belajar yang mendukung untuk pengembangan karakter dengan cara menanamkan pendidikan karakter siswa berbasis budaya sekolah, antara lain cara berpakaian, hormat dan sopan santun, nilai kedisiplinan, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan dan nilai bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah pengumpulan data dari observasi awal hingga terjun ke lapangan kemudian di reduksi lalu penyajian data dan ditariklah kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data pada penelitian ini adalah triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo sudah terlaksanakan dengan baik, karena lingkungan sekolah yang cukup kondusif dan didukung oleh sarana dan prasarana yang ada di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo. Adapun Sikap beberapa siswa yang belum mengimplementasikan itu tergantung dari individu siswa itu sendiri. Pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo terimplementasi dengan baik. Sekolah ini telah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pengembangan karakter siswa secara holistik. Beberapa elemen penting yang mendukung pendidikan karakter di sekolah ini antara lain sarana dan prasarana yang memadai, tenaga pendidik yang berkualitas, pengurus sekolah yang berpengalaman, serta masyarakat yang mendukung. Sarana dan prasarana yang memadai memungkinkan kegiatan belajar berjalan dengan baik dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih nilai-nilai pendidikan karakter. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah   en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Budaya Sekolah   en_US
dc.title Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account