Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter budaya siswa yang ada di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo, karena sekolah ini telah menciptakan lingkungan belajar yang mendukung untuk pengembangan karakter dengan cara menanamkan pendidikan karakter siswa berbasis budaya sekolah, antara lain cara berpakaian, hormat dan sopan santun, nilai kedisiplinan, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan dan nilai bertanggung jawab.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah pengumpulan data dari observasi awal hingga terjun ke lapangan kemudian di reduksi lalu penyajian data dan ditariklah kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data pada penelitian ini adalah triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo sudah terlaksanakan dengan baik, karena lingkungan sekolah yang cukup kondusif dan didukung oleh sarana dan prasarana yang ada di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo. Adapun Sikap beberapa siswa yang belum mengimplementasikan itu tergantung dari individu siswa itu sendiri.
Pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo terimplementasi dengan baik. Sekolah ini telah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pengembangan karakter siswa secara holistik. Beberapa elemen penting yang mendukung pendidikan karakter di sekolah ini antara lain sarana dan prasarana yang memadai, tenaga pendidik yang berkualitas, pengurus sekolah yang berpengalaman, serta masyarakat yang mendukung. Sarana dan prasarana yang memadai memungkinkan kegiatan belajar berjalan dengan baik dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih nilai-nilai pendidikan karakter.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah