View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo

Thumbnail
View/Open
Publish (2.145Mb)
Fulltext (3.434Mb)
Date
2023-08-12
Author
Alkafi, Zahrona
Metadata
Show full item record
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter budaya siswa yang ada di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo, karena sekolah ini telah menciptakan lingkungan belajar yang mendukung untuk pengembangan karakter dengan cara menanamkan pendidikan karakter siswa berbasis budaya sekolah, antara lain cara berpakaian, hormat dan sopan santun, nilai kedisiplinan, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan dan nilai bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah pengumpulan data dari observasi awal hingga terjun ke lapangan kemudian di reduksi lalu penyajian data dan ditariklah kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data pada penelitian ini adalah triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo sudah terlaksanakan dengan baik, karena lingkungan sekolah yang cukup kondusif dan didukung oleh sarana dan prasarana yang ada di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo. Adapun Sikap beberapa siswa yang belum mengimplementasikan itu tergantung dari individu siswa itu sendiri. Pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SMP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo terimplementasi dengan baik. Sekolah ini telah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pengembangan karakter siswa secara holistik. Beberapa elemen penting yang mendukung pendidikan karakter di sekolah ini antara lain sarana dan prasarana yang memadai, tenaga pendidik yang berkualitas, pengurus sekolah yang berpengalaman, serta masyarakat yang mendukung. Sarana dan prasarana yang memadai memungkinkan kegiatan belajar berjalan dengan baik dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih nilai-nilai pendidikan karakter. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah  
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8318
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group