Penerapan Nilai-nilai Berbasis Pesantren untuk Membentuk Karakter dalam Kegiatan Belajar Siswa di SMPI As-Shodiq Bululawang
Abstract
Peran seluruh komponen yang ada di sekolah terutama guru merupakan hal yang paling penting dalam pembentukan karakter siswa. Dalam membentuk karakter siswa guru menggunakan strategi melalui penerapan nilai-nilai berbasis pesantren.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan nilai-nilai berbasis pesantren di SMPI As-Shodiq, Bululawang, Malang, (2)untuk mendeskripsikan implementasi penerapan nilai-nilai berbasis pesantren di SMPI As-Shodiq, Bululawang, Malang, (3) untuk mendeskripsikan hasil penerapan nilai-nilai berbasis pesantren untuk pembentukan karakter siswa di SMPI As-Shodiq, Bululawang, Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang jenis penelitianya menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah Pengumpulan data, Kondensasi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan/Verifikasi. Dan Pengecekan Keabsahan Temuan diperoleh melalui cara yaitu, Perpanjangan pengamatan, Peningkatan ketekunan, Triangulasi data, dan Diskusi teman sejawat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan guru dalam penerapan nilai-nilai berbasis pesantren untuk pembentukan karakter siswa di SMPI As-Shodiq Bululawang adalah dengan merencanakan program pembelajaran dan juga membuat dasar ilmu untuk menjalankan pembentukan karakter baik pada siswanya baik dari segi akhlak maupun sosial, (2) implementasi nilai-nilai berbasis pesantren dalam pembentukan karakter siswa di SMPI As-Shodiq Bululawang yaitu mengajarkan ilmu agama dengan memasukkan nilai-nilai pesantren di dalamnya. Baik berupa pembelajaran formal maupun non formal, (3) hasil penerapan nilai-nilai berbasis pesantren untuk pembentukan karakter bagi siswa di SMPI As-Shodiq Bululawang tentang siswa yang mengikuti arahan guru sehingga membuat karakter siswa jadi lebih baik terutama masalah akhlakul karimah dan budi pekerti.
Kata Kunci: Penerapan, Nilai-Nilai Pesantren, Pembentukan Karakter.