Implementasi Model Discovery Learning pada Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs PIQ Ba Murtadho Singosari
Abstract
Dalam pembelajaran Aqidah Akhlak, yang mana sangat memerlukan model dan strategi yang sangat tepat dan cocok. Model Discovery Learning inilah yang dirasa sangat cocok dalam penerapan materi dengan memberikan siswa persoalan tentang kehidupan yang akan membantu siswa lebih aktif dalam menemukan dan memecahkan masalah. Disamping itu, dengan mengaplikasikan Discovery Learning bertujuan mengubah orientasi pelajaran Aqidah Akhlak yang masih cenderung pada kemampuan dalam hal terori, belum maksimal dalam orientasi penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian kualitatif yaitu penelitian yang temuannya bukan diperoleh menggunakan prosedur perhitungan, statistic atau bentuk cara lainnya yang menggunakan angka.
Hasil evaluasi yang diperoleh dari Implementasi model pemebajaran Discovery Learning sendiri lebih baik daripada yang diperoleh dari model konvensional. Karena siswa dapat mengembangkan cara belajar yang aktif dengan menemukan sendiri informasi, hasil yang diperoleh tidak mudah dilupakan oleh siswa. Dengan model ini, siswa diharapkan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari penemuan mereka sendiri, bukan dari mengingat berbagai fakta dan fenomena.
Kata Kunci : Implementasi, Discovery Learning, Aqidah Akhlak