View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Sunan Ampel Poncokusumo Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.601Mb)
Fulltext (2.987Mb)
Date
2023-07-14
Author
Nurita, Alya Navida
Metadata
Show full item record
Abstract
Kecerdasan emosional adalah kemampuan mengenali, memahami dan mengendalikan perasaan sendiri dan perasaan orang lain, termasuk memotivasi diri dan mengatur emosi serta kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain. Kecerdasan emosional merupakan potensi yang ada dari dalam diri seseorang untuk bisa merasakan, menggunakan, mengomunikasikan, mengenal, mengingatkan, mendeskripsikan emosi. Berdasarkan konteks penelitian tersebut, maka peneliti merumuskan sebuah fokus masalah yakni bagaimana perencanaan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Sunan Ampel Poncokusumo Malang, bagaimana proses pelaksanaan yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Sunan Ampel Poncokusumo Malang, bagaimana model guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Sunan Ampel Poncokusumo Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang perencanaan yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Sunan Ampel Poncokusumo Malang, proses pelaksanaan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Sunan Ampel Poncokusumo Malang, model guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Sunan Ampel Poncokusumo Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.Yang mana pendekatan tersebut adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami perencanaan, proses pelaksanaan, dan model guru tentang apa yang di alami oleh subjek penelitian. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang komprehensif. Dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus, peneliti dapat menggali informasi mendalam tentang guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Sunan Ampel Poncokusumo Malang, dengan memahami interaksi dan dinamika yang terjadi secara khusus dalam konteks tersebut. Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Emosional
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8331
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group