Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa pada Program Adiwiyata di SMP Negeri 1 Pakis Malang
Abstract
Pendidikan lingkungan hidup sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian siswa terhadap lingkungan mereka di sekolah. Program Adiwiyata dibuat untuk mempercepat pendidikan lingkungan hidup, terutama program pendidikan formal yang mendorong siswa untuk menjadi peduli dengan lingkungan. Di SMP Negeri 1 Pakis menerapkan pendidikan berwawasan lingkungan melalui integrasi pembelajaran di semua mata pelajaran, termasuk Pendidikan Agama Islam. Hal ini penting karena dapat menciptakan generasi dalam sistem pendidikan formal yang berwawasan lingkungan dan menjaga kelestarian alam sekitarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa pada program Adiwiyata di SMP Negeri 1 Pakis. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan mulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan program Adiwiyata yang diterapkan di SMP Negeri 1 Pakis meliputi: kurikulum yang berbasis pendidikan lingkungan hidup, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAI yang terkait dengan program adiwiyata, Integrasi pembelajaran PAI dengan beberapa bab atau materi yang relevan dengan pendidikan lingkungan hidup, Pembelajaran PAI dikolaborasikan dengan lingkungan hidup dalam kegiatan intrakurikuler, kokulikuler dan eksrakurikuler.(2) Implementasi program Adiwiyata dalam membentukan karakter peduli lingkungan siswa di SMP Negeri 1 Pakis yaitu dengan kebijakan berwawasan; visi, misi dan tujuan yang memuat tentang peduli lingkungan, rutin mensosialisasikan pentingnya peduli lingkungan, menerapkan kegiatan berbasis partisipatif dengan rutin melaksanakan kegiatan juma’at bersih, memberikan hukuman bagi siswa yang melanggar aturan sekolah dengan bentuk hukuman cinta lingkungan seperti bersih-bersih, menerapkan kegiatan berbasis partisipatif, menyediakan sarana dan prasarana ramah lingkungan.
Kata Kunci : Pembelajaran PAI, Peduli Lingkungan, Program Adiwiyata.