Model Pembentukan Akhlak Siswa di MTs Almaarif 03 Singosari Malang
Abstract
Dalam membentuk akhlak siswa, perlu seorang pendidik atau guru yang benar-benar menjadi teladan, sehingga dapat menanamkan akhlak yang baik pada siswa. Pendidik adalah seorang yang memiliki tanggung jawab memberi pertolongan pada siswa dalam perkembangannya, agar mencapai tingkat kedewasaan, mampu berdiri sendiri memenuhi tugasnya sebagai hamba dan khalifah Allah SWT. Di dalam kehidupan sehari-hari secara tidak langsung banyak aktivitas yang telah kita lakukan baik itu yang ada hubungannya antara makhluk dengan pencipta, maupun hubungan antara makhluk dengan sesama makhluk, itu pada dasarnya sudah diatur oleh agama.
Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti merumuskan masalah yakni tentang bagaimana akhlak siswa di MTs Almaarif 03 Singosari Malang, bagaimana pelaksanaan model pembentukan akhlak siswa di MTs Almaarif 03 Singosari Malang dan apa saja faktor penghambat Model Pembentukan Akhlak Siswa di MTs Almaarif 03 Singosari Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran mendalam tentang model pembentukan akhlak siswa di MTs Almaarif 03 Singosari Malang. Penelitian ini hanya menggambarkan fenomena yang terjadi secara detail. Data yang di dapatkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan temuan yakni: triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Hasil dari peneliti yang di dapatkan adalah: Fokus pertama, 1) Akhlak Terhadap Allah SWT; 2) Akhlak kepada orang tua; 3) Akhlak kepada guru; 4) Akhlak kepada teman. Fokus kedua, 1) Model mekanisme di MTs Almaarif 03 Singosari; 2) Metode Pembentukan Akhlak. Fokus ketiga: 1) Lingkungan keluarga; 2) Teknologi yang tak terbatas; 3) Lingkungan Pergaulan di kampung.
Kata Kunci : Model, Pembentukan, Akhlak, Metode