Strategi Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al- Qur’an Melalui Pembinaan Ekstrakulikuler Qiro’ah Siswa SMP Negeri 1 Pakis Malang
Abstract
Dilihat dari situasi objektif siswa SMP Negeri 1 Pakis Malang saat ini, salah satu masalah yang lebih mendasar adalah kurangnya disiplin dalam proses pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an, dan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an. Persoalan ini harus segera diatasi agar siswa SMP Negeri 1 Pakis tidak menemui kegagalan di segala bidang, karena Al-Qur’an merupakan sumber ajaran Islam yang komprehensif dan seluruh aspek kehidupan manusia. Oleh karena itu, membaca dan menulis al-Qur’an sejak dini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an. Mengajarkan al-Qur’an kepada anak merupakan salah satu cara untuk merangsang berkembangnya potensi anak, yaitu berkembangnya keterampilan membaca dan menulis. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penyebab ketidakmampuan baca tulis al-Qur’an, Implementasi kegiatan ekstrakulikuler qiro’ah dalam baca tulis al-Qur’an dan mengetahui kesulitan guru dalam membina ekstrakulikuler qiro’ah baca tulis al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mengambarkan (to describe), menjelaskan dan menjawab persoalan-persoalan tentang fenomena dan persitiwa yang terjadi saat ini, baik tentang fenomena sebagaimana adanya maupun analisis hubungan antara berbagai variable dalam suatu fenomena. Pengumpulan datanya menggunakan obseervasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga tahap, yakni : Reduksi data, Penyajian data dan Kesimpulan data.
Hasil penelitian menemukan 3 temuan diantaranya: 1. Factor penghambat berupa kurangnya motivasi siswa, tingkat kecerdasan anak yang sebagian di bawah standar sebagian pola pikir siswa yang kurang baik, lingkungan masyarakat, waktu, teman, orang tua dan sarana prasarana. 2. Implementasi kegiatan di laksanakan dalam bentuk Hafalan, Iqro’, Tilawah dan Imla’ atau seni kaligrafi. 3. Kesulitan guru diantaranya kurangnya focus, rangkap jabatan, kurangnya tenaga pendidik, kurangnya waktu dan sarana prasarana.
Kata Kunci : Kemampuan, Baca Tulis Al-Qur’an, Ekstrakulikuler Qiro’ah