View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al- Qur’an Melalui Pembinaan Ekstrakulikuler Qiro’ah Siswa SMP Negeri 1 Pakis Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (2.286Mb)
Fulltext (2.898Mb)
Date
2023-08-16
Author
Salsabila, Naqiyah
Metadata
Show full item record
Abstract
Dilihat dari situasi objektif siswa SMP Negeri 1 Pakis Malang saat ini, salah satu masalah yang lebih mendasar adalah kurangnya disiplin dalam proses pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an, dan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an. Persoalan ini harus segera diatasi agar siswa SMP Negeri 1 Pakis tidak menemui kegagalan di segala bidang, karena Al-Qur’an merupakan sumber ajaran Islam yang komprehensif dan seluruh aspek kehidupan manusia. Oleh karena itu, membaca dan menulis al-Qur’an sejak dini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an. Mengajarkan al-Qur’an kepada anak merupakan salah satu cara untuk merangsang berkembangnya potensi anak, yaitu berkembangnya keterampilan membaca dan menulis. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penyebab ketidakmampuan baca tulis al-Qur’an, Implementasi kegiatan ekstrakulikuler qiro’ah dalam baca tulis al-Qur’an dan mengetahui kesulitan guru dalam membina ekstrakulikuler qiro’ah baca tulis al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mengambarkan (to describe), menjelaskan dan menjawab persoalan-persoalan tentang fenomena dan persitiwa yang terjadi saat ini, baik tentang fenomena sebagaimana adanya maupun analisis hubungan antara berbagai variable dalam suatu fenomena. Pengumpulan datanya menggunakan obseervasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga tahap, yakni : Reduksi data, Penyajian data dan Kesimpulan data. Hasil penelitian menemukan 3 temuan diantaranya: 1. Factor penghambat berupa kurangnya motivasi siswa, tingkat kecerdasan anak yang sebagian di bawah standar sebagian pola pikir siswa yang kurang baik, lingkungan masyarakat, waktu, teman, orang tua dan sarana prasarana. 2. Implementasi kegiatan di laksanakan dalam bentuk Hafalan, Iqro’, Tilawah dan Imla’ atau seni kaligrafi. 3. Kesulitan guru diantaranya kurangnya focus, rangkap jabatan, kurangnya tenaga pendidik, kurangnya waktu dan sarana prasarana.   Kata Kunci : Kemampuan, Baca Tulis Al-Qur’an, Ekstrakulikuler Qiro’ah
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8391
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group