dc.description.abstract | Pembelajaran berdiferensiasi merupakan model pembelajaran yang lebih menfokuskan dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa. Pembelajaran berdiferensiasi adalah sebuah metode yang lebih merperhatikan dan menyesuaikan karakteristik siswa karena setiap individu siswa berbeda satu dengan yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SMP Islam As-Shodiq, karena sekolah ini telah menerapkan metode pembelajaran ini.
Maka dari konteks penelitian diatas maka peneliti merumuskan fokus prnrlitian yakni bagaimana perencanaan pembelajaran berdiferensiasi, bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi, bagaimana evaluasi pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pembelajaran berdiferensiasi, mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi, untuk mengetahui pembelajaran berdiferensiasi.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sumber data di peroleh dari waka kurikulum dan guru pendidikan agama islam. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah pengumpulan data dari observasi awal hingga terjun ke lapangan kemudian direduksi lalu di tariklah kesimpulan. Teknik keabsahan data pada penelitian ini adalah tringulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan yang dilakukan oleh peneliti bahwa penerapan model pembelajaran berdiferensiasi di SMP Islam As-shodiq telah terlaksana dengan baik, karena lingkungan sekolah yang mendukung dari sarana dan prasarana yang ada di SMP Islam As-Shodiq Bululawang. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SMP Islam As-shodiq telah terlaksana dengan baik. Sekolah ini telah menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan untuk mengembangkan kemapuan potensi siswa. Beberapa elemen penting yang mendukung penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah ini antara lain sara dan prasarana yang memadai, tenaga pendidik yang kreatif, pengurus sekolah yang berpenglaman dan lingkungan yang mendukung. Sarana dan prasarana, tenaga pendidik, dan juga lingkungan yang memadai akan mememungkinkan kegiatan proses pembelajaran yang baik.
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Penerapan, Diferensiasi. | en_US |