View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensasi pada Pelajaran PAI di SMP Islam As-shodiq Bululawang Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (2.765Mb)
Fulltext (3.926Mb)
Date
2023-07-25
Author
Busro, Muhammad
Metadata
Show full item record
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan model pembelajaran yang lebih menfokuskan dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa. Pembelajaran berdiferensiasi adalah sebuah metode yang lebih merperhatikan dan menyesuaikan karakteristik siswa karena setiap individu siswa berbeda satu dengan yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SMP Islam As-Shodiq, karena sekolah ini telah menerapkan metode pembelajaran ini. Maka dari konteks penelitian diatas maka peneliti merumuskan fokus prnrlitian yakni bagaimana perencanaan pembelajaran berdiferensiasi, bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi, bagaimana evaluasi pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pembelajaran berdiferensiasi, mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi, untuk mengetahui pembelajaran berdiferensiasi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sumber data di peroleh dari waka kurikulum dan guru pendidikan agama islam. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah pengumpulan data dari observasi awal hingga terjun ke lapangan kemudian direduksi lalu di tariklah kesimpulan. Teknik keabsahan data pada penelitian ini adalah tringulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan yang dilakukan oleh peneliti bahwa penerapan model pembelajaran berdiferensiasi di SMP Islam As-shodiq telah terlaksana dengan baik, karena lingkungan sekolah yang mendukung dari sarana dan prasarana yang ada di SMP Islam As-Shodiq Bululawang. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SMP Islam As-shodiq telah terlaksana dengan baik. Sekolah ini telah menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan untuk mengembangkan kemapuan potensi siswa. Beberapa elemen penting yang mendukung penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah ini antara lain sara dan prasarana yang memadai, tenaga pendidik yang kreatif, pengurus sekolah yang berpenglaman dan lingkungan yang mendukung. Sarana dan prasarana, tenaga pendidik, dan juga lingkungan yang memadai akan mememungkinkan kegiatan proses pembelajaran yang baik. Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Penerapan, Diferensiasi.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8411
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group