Strategi Pencegahan Tindak Bullying di Lingkungan SMAN 2 Malang
Abstract
Perkembangan teknologi dalam peradaban dunia khususnya dunia pendidikan membawa dampak dari berbagai aspek, salah satunya aspek perilaku siswa. Penyimpangan perilaku menjadi salah satu aspek dari dampak kemajuan zaman. Perilaku Bullying merupakan salah atau contoh dari perbuatan menyimpang dan membahayakan. Budaya Bullying sering kita jumpai di sekolah dengan objek pelaku senioritas oleh seseorang dan sekelompok orang yang memiliki kuasa, tidak bertanggung jawab dan terus terjadi secara berulang-ulang dan merasa kesenangan saat melakukan tindakannya. Bullying memiliki dampak positif dan dampak negatif, yang dimana dampak positif dari Bullying adalah korban Bullying lebih termotivasi untuk berhasil, menjadi lebih kuat, berani, dan lebih menghormati orang lain. Sedangkan dampak negatif bagi korban Bullying ialah timbulnya perasaan depresi, sakit hati, dan marah, hal tersebut dapat mempengaruhi prestasi akademik para korbannya.
Dari latar belakang di atas maka peneliti mendeskripsikan fokus penelitian , yakni perencanaan, penanganan , dan implikasi tindak Bullying di lingkungan SMAN 2 Malang. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan prencanaan, penanganan, dan implikasi tindak Bullying di lingkungan SMAN 2 Malang
Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif deskripsi. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu dengan melakukan pengamatan secara langsung di lokasi penelitian, metode wawancara, yaitu dengan mengumpulkan data melalui tanya jawab untuk mendapatkan data primer dan metode dokumentasi, yaitu pencarian data-data yang terdapat disekolah.
Dalam hal ini, Strategi pencegahan Tindak Bullying yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengurangi aksi Bullying atau perundungan dengan melakukan pemberian sosialisasi kepada peserta didik,memberikan peraturan-peraturan yang mengarah kepada aksi Bullying.
Kata Kunci: Strategi, Pencegahan, Bullying, Lingkungan