Analisis Visual Gambar Karya Anak Masa Middle Childhood di MI Islam Gading
Abstract
Di era modern ini media untuk menggambar semakin banyak, berbagai media bisa digunakan, seperti gadget yang juga semakin canggih. Jika kita lahir di tahun 90an, pasti kita pernah mengalami masa kecil yang bahagia. zaman dimana gadget masih belum ada atau masih sangat minim penggunaannya, zaman yang belum secanggih sekarang. Perbedaan antara anak dulu dan sekarang mempunyai perbedaan yang sangat besar. Anak-anak zaman sekarang bermain serba elektronik dan online.
Analisis visual abad ke-21 terus berkembang seiring dengan perubahan dinamika teknologi dan budaya. Penting untuk tetap mengikuti perkembangan di bidang ini dan memahami cara-cara baru dalam memahami dan menafsirkan gambar dan media visual dalam konteks saat ini. Menggambar juga dapat digunakan sebagai cara untuk mengungkapkan isi jiwa seseorang dalam bentuk garis-garis, oleh karena itu jika seorang anak mencoret-coret kertas atau dinding dan papan dan dimanapun, maka anak tersebut sedang menggambar dan menuangkan imajinasinya ke dalam setiap karya visual. (Tytler dkk., 2020). Melalui gambar, anak dapat mengekspresikan emosi dan mengungkapkan ide dalam bentuk guratan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif penelitian kualitatif. Untuk memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa dalam situasi tertentu menurut teori dan analisis. Pendekatan saintifik estetika, kemudian menggunakan metode Kritik Seni untuk memahami visualisasi karya, yang mengacu pada buku karangan Edmund Burke Feldman yaitu Art as Image and Idea (Feldman, 1967) meliputi beberapa tahapan yaitu: (Deskripsi), Tahapan Analisis Formal, (Interpretasi), dan Tahap Penilaian.
Masa kanak-kanak paling efektif dalam pengembangan kreativitas. Potensi anak seusianya berada pada masa yang sangat penting untuk merangsang perkembangannya. Untuk menunjang kreativitasnya perlu diciptakan suasana yang menjamin terpeliharanya kebebasan psikologis yang dapat diciptakan dan dipelihara dengan membangun suasana bermain yang dapat melatih dan memberikan kesempatan kepada anak untuk mengemukakan gagasan dan gagasan baru dengan lancar dan orisinal melalui gambar.
Dalam menganalisis gambar yang dibuat oleh anak usia 7 sampai 12 tahun, kita dapat mengetahui fungsi dan ciri-ciri gambarnya, seperti memberikan kesempatan kepada anak untuk mengaktualisasikan diri atau mengungkapkan perasaannya melalui penciptaan karya seni sesuai minat dan tingkat perkembangannya.
Salah satu fungsi menggambar adalah dapat memberikan pengenalan dan praktik penggunaan bahasa dan terminologi seni rupa untuk mendeskripsikan dan memberikan respon terhadap karya seni serta melatih kemampuan memahami makna yang disampaikan melalui simbol visual, bentuk dan bentuk. metafora. -anak merupakan sebuah karya seni yang dapat atau sebagai media untuk mengetahui perkembangan jiwa anak. Ciri-ciri gambar yang dibuat oleh anak usia 7 sampai 12 tahun sangatlah khas. Yang menarik adalah keunikan bentuk gambar anak-anak yang berbeda dengan gambar orang dewasa. Gambar anak mempunyai kelebihan, selain dapat mengamati perkembangan jiwa juga mempunyai keistimewaan dalam komposisi, bentuk dan cara penggambaran, warna, jenis, jenis, garis dan tema sehingga menghasilkan pola gambar yang sangat menarik dan unik.
Kata Kunci: Gambar, Middle Childhood, Karakter Gambar