Strategi Guru dalam Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Tematik di Kelas 3A MI Nurul Huda 1 Kota Malang
Abstract
Guru memiliki peran utama dalam mengelola kelas dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan penuh motivasi. Guru memiliki tanggung jawab untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menginspirasi siswa dalam meningkatkan motivasi belajar mereka. Pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kelas dalam kegiatan belajar mengajar yang bertujuan agar tercapainya kondisi kelas yang optimal sehingga kegiatan pembelajaran dikelas terlaksana dengan baik seperti yang diharapkan oleh penanggung jawab. Ketika didalam kelas guru harus membuat suasana kelas yang kondusif dalam belajar dan membuat siswa merasa nyaman ketika proses pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan observasi awal terlihat siswa nyaman dalam melaksanakan pembelajaran tematik didalam kelas, hal ini dibuktikan dengan guru dalam kondisi fisik kelas yang rapi, bersih dan kreasi kelas yang menarik. Selain itu guru kelas juga melakukan pembiasaan-pembiasaan yang baik untuk menunjang kegiatan pembelajaran agar tercipta sebuah tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah yakni tentang perencanaan pengelolaan kelas utuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran tematik, pelaksanaan pengelolaan kelas utuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran tematik , faktor pendukung dan penghambat dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar. Tujuan peneliti adalah untuk mendeskripsikan perencanaa dan pelaksanaan pengelolaan kelas utuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran tematik serta faktor pendukung dan penghambat guru dalam melaksanakan pengelolaan kelas.
Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Sumber data menggunakan sumber primer dan sumber sekunder. Teknik penumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan observasi yang dilakukan secara terus menerus, triangulasi, pengecekan anggota, dan diskusi teman sejawat.
Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa : 1) perencanaan pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas 3A MI Nurul Huda 1 Malang guru mempersiapkan RPP yang diguanakan sebagai acuan dalam mengajar, mempersiapkan ruang kelas dalam kegiatan pembelajaran, menetapkan peraturan di kelas 3A agar siswa disiplin. 2) pelaksanaan pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas 3A MI Nurul Huda 1 Malang yaitu menjaga kebersihan kelas, pengaturan tempat duduk, penataan ruang kelas tempat berlangsungnya pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, intonasi suara guru dalam menjelaskan materi pembelajaran tematik dan guru emberikan motivasi belajar kepada peserta didik. 3) faktor pendukung dalam mengelola kelas yaitu, guru karena guru memiliki peran dalam melaksanakan program kelas bermakna dan berhasil, fasilitas yang cukup memadai serta kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman. Faktor penghambat dalam melaksanakan penggelolaan kelas yaitu lingkungan keluarga dan peserta didik.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu penting untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kemampuan dalam mengelola kelas agar siswa lebih termotivasi dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan mengelola kelas secara efektif, proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Sebagai guru juga harus menjalin hubungan yang positif dengan setiap siswa. Komunikasi yang baik, empati, dan pengertian akan membantu memperkuat ikatan antara guru dan siswa.
Kata Kunci : Strategi Guru, Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar