Implementasi Nilai Tawasuth pada Pembelajaran Pendidikan Aqidah Akhlak di MTs Almaarif 01 Singosari Malang
Abstract
Tulisan ini merupakan kajian tentang pentingnya nilai Tawasuth dalam pembentukan karakter dalam pembelajaran pendidikan aqidah akhlak. Pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan hal yang sangat penting karena nantinya akan membentuk sikap, tingkah laku dan jati diri seorang anak karena pembentukan moral yang tinggi merupakan tujuan utama dalam pendidikan islam. Dan berbicara masalah penilaian tawasuth. Tawasuth adalah sikap tengah- tengah, sedang- sedang, tidak ekstrim kiri ataupun ekstrim kanan. Hal ini diterapkan pada proses pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Almaarif 01 Sinngosari Malang. Dari latar belakang diatas peneliti mendeskripsikan fokus masalah mengenai perencanaan, proses serta hasil dari penerapan nilai Tawasuth pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Almaarif 01 Singosari Malang dengan tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan dan mengetahui perencanaan, proses, serta hasil dari penerapan nilai tawasuth di MTs Almaarif 01 Singosari Malang.
Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yakni tentang (1) Bagaimana perencanaan nilai Tawasuth pada pembelajaran pendidikan Aqidah Akhlak di MTs Almaarif 01 Singosari? (2) Bagaimana proses nilai Tawasuth terhadap pembelajaran pendidikan Aqidah Akhlak di MTs Almaarif 01 Singosari? (3) Bagaimana hasil nilai Tawasuth pada pembelajaran pendidikan Aqidah Akhlak di MTs Almaarif 01 Singosari?
Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tentang perencanaan implementasi nilai tawasuth pada pembelajaran Aqidah Akhlak, proses implementasi nilai tawasuth pada pembelajaran Aqidah Akhlak dan hasil nilai tawasuth pada pembelajaran Aqidah Akhlak.
Perencanaan nilai tawasuth pada pembelajaran pendidikan Aqidah Akhlak di MTs Almaarif 01 Singosari yaitu, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, materi pembelajaran, kondisi serta kemampuan peserta didik selanjutnya dijabarkan dan memilih metode yang akan digunakan dalam pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dijadikan petunjuk yang harus dilakukan dalam menyampaikan pembelajaran. Setelah menyusun rencana kegiatan selanjutnya yaitu pelaksanaan. Pelaksanaan yang dilakukan sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Setelah adanya pelaksanan maka selanjutnya yang dilakukan adalah hasil. Hasil yang digunakan oleh guru Aqidah Akhlak yaitu dengan menilai sikap siswa selama berada di lingkungan kepada guru dan teman sebaya, juga dengan melihat dari evaluasi yang berbentuk tes tulis dan lisan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Nilai Tawastuh pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Almaarif 01 Singosari Malang masih aktif diterapkan guna untuk menjauhkan diri dari sikap egoisme pribadi, ekstrimisme dan sikap yang berlebihan terhadap agama untuk menjadi pribadai yang santun dan menenangkan umat. Kata Kunci: Implementasi Nilai Tawasuth, Pendidikan Aqidah Akhlak