Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Qur’an (Studi Penafsiran Imam Ibnu Katsir Pada Q.S. Luqman Ayat 12-24)
Abstract
Dalam penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-24 studi penafsiran Ibnu Katsir dalam karyanya yaitu Tafsir Ibnu Katsir
Al-Qur’an merupakan firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Al-Qur’an diturunkan oleh Allah untuk menjadi pedoman bagi seluruh umat, dengan segala petunjuk yang sempurna seperti aspek kehidupan yang bersifat menyeluruh, Al-Qur’an merupakan sumber utama ajaran agama islam yang didalamnya mencakup ajaran-ajaran tentang tauhid, amaliyah, akhlak dan sejarah. Al-Qur’an sebagai kitab suci yang menjadi petunjuk serta pedoman hidup bagi umat muslim, didalamnya begitu banyak nilai serta kandungannya yang luas, yang berguna bagi kehidupan seluruh umat. Al-Qur’an tidak hanya menjadi pedoman tetapi juga menjadi sebuah peraturan bagi.
dalam tafsir Ibnu Katsir, beliau menjelaskan “Rasulnya bahwa sesungguhnya dia menurunkan Al-Qur’an kepadanya tiada lain agar dia menjelaskan kepada manusia apa yang mereka persengketaan. Dalam masyarakat muncul banyak fenomena yang terjadi di era saat ini, jauh dari ajaran atau nilai-nilai Al-Qur’an yang dapat dengan mudah dilihat melalui berbagai media sosial, dalam kehidupan sehari-hari juga terjadi suatu kemunduran moral yang terjadi pada seseorang dengan latar belakang tertentu. kemerosotan moral yang terjadi seperti tawuran antar pelajar, narkoba, kekerasan, pembunuhan, pemerkosaan dan pergaulan bebas dikalangan pelajar dan lain sebagainya.
Al-Qur’an merupakan akhlak Nabi Muhammad Saw dengan artian bahwa Rasulullah Saw beramal dengan apa yang di ajarkan dalam Al-Qur’an dan menjauhi segala larangan yang ada pada Al-Qur’an. Apabila kita ingin membangun pendidikan dan karakter yang baik pada anak, maka Nabi Muhammad suri tauladan yang baik. Karena Al-Qur’an untuk menjadi pedoman dari pendidikan karakter.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan data-data tertulis, diantaranya buku, kitab tafsir terjemahan, jurnal dan lain-lain dan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah content analysis. Skripsi ini sumber data penelitiannya berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang bersumber dari Al-Qur’an dan Tafsiran Ibnu Katsir karya Imam Ibnu Katsir. Sedangkan data sekundernya sebagai bahan pendukung dari pembahasan dalam skripsi ini yaitu data yang bersumber dari buku dan kitab yang memiliki korelasi dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode content analysis merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi, berikut merupakan hasil penafsiran Ibnu Katsir terhadap Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-24.
Tujuan kajian dalam penelitian ini adalah unutk menganalisa nilai-nilai pendidikan karakter serta mendeskripsikan konsep implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam keluarga pada Surah Luqman 12-24.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat diketahui bahwasanya nilai-nilai pendidikan karakter pada tafsir Ibnu Katsir Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-24 diantaranya terdapat nilai syukur, bijaksana, sikap hormat, amal sholeh, ramah, adab berjalan dan berbicara, larangan bersikap sombong, tawakal.
Impelementasi dalam keluarga yang dapat diterapkan para orang tua pada anak berkaca dari kisah Luqman dan putranya, salah satunya yaitu memerintahkan anak untuk melaksanakan shalat, langkah pertama yang diajarkan pada anak ketika hendak memerintahnya shalat yakni dengan cara mennamkan nilai-nilai keimanan dan ketauhidan kepada Allah.
Kata Kunci : Nilai, Pendidikan, Karakter, Al-Qur’an, Keluarga