View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Studi Alternatif Perkerasan Kaku Pada Jalan Lintas Selatan, Besole Kabupaten Tulungagung

Thumbnail
View/Open
STUDI ALTERNATIF PERKERASAN KAKU PADA JALAN LINTAS SELATAN, BESOLE KABUPATEN TULUNGAGUNG.pdf (6.919Mb)
S1_FT_21801051033_WIKO HENDRIAWAN PRIYATNO.pdf (2.484Mb)
Date
2023-08-31
Author
Priyatno, Wiko Hendriawan
Metadata
Show full item record
Abstract
Jalan Lintas selatan pada Kabupaten Tulungagung berada di wilayah perbukitan, Untuk memilih jenis perkerasan di dataran tinggi/perbukitan harus memperhatiakan beberapa kriteria. Secara teknis pemilihan tipe perkerasan berdasarkan nilai daya dukung tanah yang dinyatakan dengan nilai California Bearing Ratio (CBR), semakin tinggi nilai CBR maka akan dipilih perkerasan lentur dan semakin rendah nilai CBR tanah maka perkerasan yang dipilih adalah perkerasan kaku. Pemilihan jenis perkerasan juga mempengaruhi kekuatan beban pada jalan, akibat jumlah dan beban kendaraan kerusakan juga bisa diakibatkan karena jenis tanah, Seperti jenis tanah yang tidak stabil dan memiliki CBR lebih rendah dari 6% disarankan menggunakan perkerasan kaku agar tidak mudah amblas dan terjadi kerusakan prematur. Maka dalam penelitian ini dilakukan studi alternatif menggunakan perkerasan kaku karena berdasarkan jenis tanah yang ada di Jalan Lintas Selatan Besole tersebut memiliki rata-rata CBR tanah dasar kurang dari 6%. Alternatif yang dipilih yaitu memperhitungkan rencana tebal perkerasan kaku dengan menggunakan standart metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Dalam perencanaan pembangunan jalan diperlukan faktor yang dapat mempengaruhi fungsi jalan seperti banjir atau genangan air yang dapat merusak jalan sehingga diperlukan perencanaan system saluran drainase pada sepanjang jalan. Hasil dari Studi Alternatif Perkerasan Kaku ini didapatkan tebal dimensi plat perkerasan kaku yang didapat adalah 260 mm = 26 cm, diameter tulangan memanjang (Tie Bar) menggunakan D16 mm – 700 mm dan tulangan melintang (Dowel) Menggunakan besi D36 mm – 300. Dari hasil perhitungan dimensi saluran drainase pada raus jalan Besole menggunakan bentuk persegi didapatkan hasil: STA 3+500 - STA 8+500 = h = 0,87 m , b = 0,43 m dan W = 0,29 m, STA 8+500 - STA 9+500 = h = 0,94 m , b = 0,47 m dan W = 0,31 m, STA 9+500 - STA 10+500 = h = 0,80 m , b = 0,40 m dan W = 0,25 m, STA 10+500 – STA 11+500 = h = 0,74 m , b = 0,37 m dan W = 0,25 m, STA 11+500 - STA 12+500 = h = 0,72 m , b = 0,36 m dan W = 0,24 m, STA 12+500 - STA 13+500 h = h = 0,87 m , b = 0,43 m dan W = 0,29 m, STA 13+500 - STA 14+800 = h = 0,91 m , b = 0,45 m dan W = 0,30 m.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8435
Collections
  • UT - Civil Engineering

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group