Pengaruh Gaya Belajar dan Kreativitas Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN Negeri 05 Karangploso
Abstract
Gaya belajar sangat mempengaruhi daripada prestasi belajar siswa, sehingga gaya belajar yang baik juga tercermin dari prestasi belajar yang baik, sehingga siswa akan belajar lebih efektif dan mencapai keberhasilan yang lebih besar. Kreatifitas guru juga berpengaruh terhadap penangkapan dan pemahaman siswa dalam menggali suatu ilmu yang diberikan. Pada prestasi belajar sangat ditentukan pada gaya belajar maupun kreatifitas guru dalam mengajar. Dari kurang lebih 30 anak perkelas tentunya memiliki gaya belajar yang bervariatif sehingga berdasarkan uraian di atas, maka penulis berusaha untuk menggali, memberi, dan mengungkapkan permasalahan yang dimaksud. maka penulis tertarik mengangkat sebuah judul “Pengaruh Gaya Belajar dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 5 Karangploso”.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran pendidikan agama Islam SMP Negeri 05 Karangploso (2) Pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran pendidikan agama Islam SMPN 05 Karangploso.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasi untuk mengukur pengaruh antara dua variabel atau lebih, yakni (X1) yakni Gaya Belajar dan (X2) adalah kreativitas belajar terhadap Prestasi Belajar yang berperan sebagai (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 190 orang, kemudian diambil 5% sebagai sampel penelitian dengan jumlah sebanyak 123 orang. Untuk pengambilan data, maka peneliti menggunakan angket yang dibedakan menjadi 4 angket yakni angket gaya belajar yang dibagi menjadi 3 jenis dan angket mengenai kreativitas belajar. Untuk prestasi belajar digunakan nilai pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dibagikan pada tanggal 17 Juli 2023 sampai dengan 20 Juli 2023. Selain itu, peneliti juga menambahkan dokumentasi untuk melengkapi penelitian yang dilakukan agar lebih akurat. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas dan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh data bahwasanya (1) Ada pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 05 Karangploso (2) Ada Pengaruh Kreativitas Guru Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 05 Karangploso. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Gaya Belajar, Prestasi Belajar