Implementasi Variasi Metode Pembelajaran PAI di SMA Islam Karang Ploso Malang
Abstract
Setiap rangkaian pembelajaran memiliki tujuan tertentu yang telah dirumuskan oleh pendidik. Salah satu tujuan pembelajaran adalah tercapainya tujuan belajar. Keberhasilan kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan pendidik dalam menggunakan metode pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif. Pendidik cenderung menggunakan satu metode dalam pembelajaran. Yang mengakibatkan peserta didik akan cepat mereasa jenuh dan bosan ketika mengikuti pembelajaran. Ketika peserta didik merasa jenuh, maka mereka tidak dapat memahami materi secara maksimal yang disampaikan oleh pendidik. Dengan itu pendidik dituntut untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. Yaitu dengan mengabungkan beberapa metode dalam pembelajaran, yang mana metode pembelajaran yang digunakan terjadi komunikasi dua arah. Sehingga peserta didik tidak merasa jenuh serta dapat menjadikan peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran.
Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yakni tentang (1) Bagaimana perencanaan implementasi variasi metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam? (2) Bagaimana proses implementasi variasi metode pembelajaran PAI di SMA Islam Karang Ploso? (3) Bagaimana evaluasi implementasi variasi metode pembelajaran PAI di SMA Islam Karang Ploso?
Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tentang perencanaan implementasi variasi metode pembelajaran PAI, proses implementasi variasi metode pembelajaran PAI dan evaluasi implementasi variasi metode pembelajaran PAI.
Untuk mencapai tujuan diatas penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis diskriptif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yakni: observasi, yaitu suatu cara pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung, wawancara yaitu cara pengumpulan data dengan menggunakan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan dokumentasi yaitu cara yang digunakan untuk memperoleh data atau informasi dalam bentuk buku, dokumen, tulisan dan gambar.
Perencanaan penerapan variasi metode pembelajaran PAI yang dilakukan oleh guru PAI di SMA Islam Karang Ploso yaitu, menuyusun RPP dengan menganalisis KI-KD, materi pembelajaran, kondisi serta kemampuan peserta didik selanjutnya dijabarkan kedalam RPP dan memilih metode yang akan digunakan dalam pembelajaran. RPP dijadikan petunjuk langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik. Setelah menyusun rencana maka kegiatan selanjutnya yaitu pelaksanaan. Pelaksanaan yang dilakukan sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Namun tidak dipungkiri kondisi peserta didik yang tidak memungkinkan dalam menerapkan metode yang telah disusun dalam perencanaan tidak digunakan karena hal-hal tertentu dan sebaliknya. Setelah adanya pelaksanan maka selanjutnya yang dilakukan adalah evaluasi. Evaluasi yang digunakan oleh guru PAI di SMA Islam Karang ploso yaitu evaluasi berbentuk tes yaitu tes tulis, lisan dan perbuatan. Yang dilakukan pada setiap satu bab pembelajaran atau ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru PAI yaitu dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Dalam pelasanaannya guru melaksanakan sesuai dengan RPP yang telah dibuat dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan jenis tes.
Hal yang diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang melengkapi penyediaan sarana prasarana agar dapat menggunakan variasi metode pembelajaran yang lebih bervariatif.
Kata Kunci: Implementasi Variasi Metode, Pembelajaran PAI