Pengaruh strategi learning start with a question terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di SMPN 13 Malang
Abstract
Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu mata pelajaran yang selalu ada di setiap jenjang pendidikan tertama kepada sekolah yang mayoritas warganya beragama islam. Pembahasan utama penelitian ini adalah pengaruh strategi learning start with a question terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Malang. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar seorang siswa adalah hasil belajarnya. strategi yang digunakan oleh guru. Pelaksanaan Strategi learning start with a question ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Pengambilan populasi dan sampel pada kelas VIII di SMP Negeri 13 Malang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif metode penelitian dengan jenis penelitian experiment dengan menggunakan Desain penelitian ini menggunakan Desain Post test Only Control Group Design. Desain ini menggunakan test yang dilakukan sebebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh learning start with a question terhadap hasil belajar subtema makanan dan minuman yang halal dan haram. Bab yang dibahas pada peneltian ini adalah makanan dan minuman yang halal dan haram. Berdasarkan hasil dari posttest kelas eksperimen mandapatkan nilai dengan rata-rata 89,69 sedangkan pada kelas control mendapatkan nilai dengan rata-rata 77,87. Hasil uji-t diperoleh nilai sig 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar yang menggunakan strategi learning start with a question.
Kata Kunci: Strategi Learning Start With A Question, Hasil Belajar, PAI