Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Awaliyah Ainul Ulum Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang

Show simple item record

dc.contributor.author Pawestri, Nanda Ayu
dc.date.accessioned 2020-12-14T05:44:07Z
dc.date.available 2020-12-14T05:44:07Z
dc.date.issued 2020-07-18
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/847
dc.description.abstract Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim, pendidik berperan penting dalam perkembangan kecerdasan peserta didik. Pendidik harus memahami kemampuan peserta didik, dari yang mudah dan berangsur sukar yang secara alamiah dialami oleh peserta didik adalah situasi yang disebut kesulitan belajar. Hal ini dialami oleh peserta didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ainul Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang dalam mempelajari Bahasa Arab dengan fokus pembelajaran peserta didik mampu membaca Bahasa Arab, peserta didik mampu melafalkan Bahasa Arab, serta peserta didik mampu menghapal kosakata dasar Bahasa Arab. Oleh karena itu akan dilakukan penelitian mengenai kesulitan-kesulitan belajar Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ainul Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang karena fokus pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ainul Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang belum tercapai. Berdasarkan konteks penelitian di atas maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu mengenai kesulitan-kesulitan peserta didik dalam mempelajari Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ainul Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang; dan upaya yang dilakukan pendidik dalam mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ainul Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesulitan-kesulitan peserta didik dalam mempelajari Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ainul Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang; dan mengetahui upaya yang dilakukan pendidik dalam mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ainul Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode in-depth interview yang dilakukan melalui telepon yang merupakan metode pengumpulan data dengan tanya jawab secara lisan dengan waktu pengumpulan data relatif lebih cepat dengan tenaga dan biaya yang relatif lebih sedikit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik di di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ainul Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang mengalami kesulitan belajar Bahasa Arab, yaitu: belum menghafal huruf-huruf Arab, tidak ada buku pegangan untuk peserta didik, tidak minat belajar Bahasa Arab, susah menghafal kosakata Bahasa Arab, serta susah mengucap huruf-huruf vii Arab yang sesuai. Guna mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ainul Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, pendidik berupaya memberi jam tambahan belajar, melakukan photocopy buku pelajaran, dan memberikan motivasi dalam mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab. Solusi yang diberikan adalah jam pembelajaran Bahasa Arab diganti menjadi pukul 14.15–17.30 WIB; menerapkan iuran sebesar Rp10,000 kepada setiap peserta didik guna menunjang kebutuhan belajar; menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media video; serta dukungan penuh dari orang tua. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran, yaitu pendidik sebaiknya terus memberikan motivasi terhadap peserta didik dan bekerjasama dengan orang tua untuk bersama memberi motivasi belajar kepada peserta didik mengenai kesadaran bahwa mempelajari Bahasa Arab sebagai muslim merupakan hal yang penting, peserta didik sebaiknya lebih meningkatkan perhatian kepada pendidik saat pembelajaran Bahasa Arab berlangsung karena peserta didik wajib memiliki sikap hormat pada pendidik, serta diharapkan penelitian selanjutnya dapat menggunakan subjek yang lebih bervariasi. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Bahasa Arab en_US
dc.subject Madrasah Diniyah en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Awaliyah Ainul Ulum Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account