Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Awaliyah Ainul Ulum Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang
Abstract
Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim, pendidik berperan penting
dalam perkembangan kecerdasan peserta didik. Pendidik harus memahami
kemampuan peserta didik, dari yang mudah dan berangsur sukar yang secara
alamiah dialami oleh peserta didik adalah situasi yang disebut kesulitan belajar. Hal
ini dialami oleh peserta didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ainul
Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang dalam mempelajari Bahasa Arab
dengan fokus pembelajaran peserta didik mampu membaca Bahasa Arab, peserta
didik mampu melafalkan Bahasa Arab, serta peserta didik mampu menghapal
kosakata dasar Bahasa Arab. Oleh karena itu akan dilakukan penelitian mengenai
kesulitan-kesulitan belajar Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah
Awaliyah Ainul Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang karena fokus
pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ainul
Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang belum tercapai.
Berdasarkan konteks penelitian di atas maka peneliti merumuskan fokus
penelitian, yaitu mengenai kesulitan-kesulitan peserta didik dalam mempelajari
Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ainul Ulum, Kecamatan
Senduro, Kabupaten Lumajang; dan upaya yang dilakukan pendidik dalam
mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah
Awaliyah Ainul Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesulitan-kesulitan peserta didik
dalam mempelajari Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ainul
Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang; dan mengetahui upaya yang
dilakukan pendidik dalam mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab di Madrasah
Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ainul Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten
Lumajang.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis
penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan metode in-depth interview yang dilakukan melalui
telepon yang merupakan metode pengumpulan data dengan tanya jawab secara
lisan dengan waktu pengumpulan data relatif lebih cepat dengan tenaga dan biaya
yang relatif lebih sedikit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik di di Madrasah Diniyah
Takmiliyah Awaliyah Ainul Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang
mengalami kesulitan belajar Bahasa Arab, yaitu: belum menghafal huruf-huruf
Arab, tidak ada buku pegangan untuk peserta didik, tidak minat belajar Bahasa
Arab, susah menghafal kosakata Bahasa Arab, serta susah mengucap huruf-huruf
vii
Arab yang sesuai. Guna mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab di Madrasah
Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ainul Ulum, Kecamatan Senduro, Kabupaten
Lumajang, pendidik berupaya memberi jam tambahan belajar, melakukan
photocopy buku pelajaran, dan memberikan motivasi dalam mengatasi kesulitan
belajar Bahasa Arab. Solusi yang diberikan adalah jam pembelajaran Bahasa Arab
diganti menjadi pukul 14.15–17.30 WIB; menerapkan iuran sebesar Rp10,000
kepada setiap peserta didik guna menunjang kebutuhan belajar; menerapkan
pembelajaran dengan menggunakan media video; serta dukungan penuh dari orang
tua.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran, yaitu pendidik sebaiknya
terus memberikan motivasi terhadap peserta didik dan bekerjasama dengan orang
tua untuk bersama memberi motivasi belajar kepada peserta didik mengenai
kesadaran bahwa mempelajari Bahasa Arab sebagai muslim merupakan hal yang
penting, peserta didik sebaiknya lebih meningkatkan perhatian kepada pendidik
saat pembelajaran Bahasa Arab berlangsung karena peserta didik wajib memiliki
sikap hormat pada pendidik, serta diharapkan penelitian selanjutnya dapat
menggunakan subjek yang lebih bervariasi.