View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Ulul Albab di MTs Mambaul Ulum Pakis

Thumbnail
View/Open
Publish (1.376Mb)
Fulltext (2.391Mb)
Date
2023-08-10
Author
Wahyudi, Agus
Metadata
Show full item record
Abstract
Menurut (Satori : 2014) jenis-jenis upaya yang dapat dilakukan guru dalam membantu perkembangan anak adalah: upaya pencegahan, upaya pengembangan, upaya penyembuhan,dengan harapan ketiga upaya itu dapat meningkatkan kualitas Pendidikan Aqidah Akhlak di madrasah. Daya dukung yang cukup tinggi itu menjadi alasan peneliti untuk mengetahui pendidikan Islam di sekolah. Sedangkan dalam Pendidikan karakter Ulul Albab juga tidak lepas dari hal tersebut. MTs Mambaul Ulum memiliki kiprah penting bagi masyarakat sekitar. Terkenal dengan sekolah yang memiliki peran dalam pendidikan karakter merupakan salah satu dauya tairik orang tua untuk menitipkan anaknya sekolah disana, hal ini menjadi latar belakang peneliti dalam melaksanakan penelitian ini. Oleh karena itu, fokus yang peneliti ambil yakni mengenai upaya guru dalam perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk menanamkan karakter Ulul Albab di MTs Mambaul Ulum Pakis. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan hasil penelitiannya yakni guru melakukan perencanaan pembelajaran dengan membuat perangkat pembelajaran di awal tahun ajaran seperti RPP dan Silabus serta mengadakan perencanan pembelajaran bersama dengan kurikulum sekolah. Kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran guru melakukan berbagai upaya agar proses pembelajaran berjalan dengan efektif, inovatid, dan kondusif sehingga dapat mendukung penanaman karakter Ulul Albab. Sedangkan evaluasi yang dilakukan yakni dengan melakukan evaluasi harian dengan pengambilan nilai sikap dan aspek sikap dan ketrampilan. Melakukan pengambilan nilai aspek pengetahuan dengan UTS dan UAS yang diselenggarakan madrasah dan melakukan evaluasi kepada guru juga untuk peningkatan pelayanan dan perbaikan kualitas Pendidikan. Kata Kunci : Upaya Guru, Pendidikan Karakter, Ulul Albab
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8544
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group