Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di MA AL-Ma’arif Singosari Malang
Abstract
Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sangat membantu dalam meningkatkan pengetahuan siswa khususnya dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Dengan adanya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sebagai kegiatan tambahan, maka siswa mempunyai bekal yang cukup untuk membentengi dirinya dari berbagai pengaruh negatif. Kekurangan jam pelajaran serta terbatasnya materi Pendidikan Agama Islam yang diberikan dianggap sebagai penyebeb utama timbulnya para pelajar dalam memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agama islam. Pada dasarnya kegiatan ekstrakurikuler dalam dunia sekolah ditujukan untuk menggali dan memotivasi siswa dalam bidang tertentu. Dalam hal ini kegiatan ekstrakurikuler bertujuan untuk membantu dan meningkatkan pengembangan wawasan anak didik khusus dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti menentukan fokus penelitian, yakni tentang perencanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan akhlak siswa, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan akhlak siswa dan Evaluasi dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan akhlak siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan akhlak siswa, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan akhlak siswa dan Evaluasi dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam akhlak siswa.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya melalui langkah-langkah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan verification (penyimpulan data). Untuk pengecekan keabsahan temuan penulis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa perencanaan kegiatan esktrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan akhlak siswa melalui tahapan-tahapan, yaitu menentukan minat dan bakat siswa, menentukan fasilitas yang dibutuhkan, menentukan Pembina atau pembimbing. Kemudian dalam pelaksanaannya, masing-masing kegiatan ekstrakurikuler keagamaan memiliki prosedur dan jadwal yang berbeda. Bentuk-bentuk kegiatan ekstrakurikuler kegamaan daintaranya: qiro’ah, shalawat, kajian islami, shalat dhuhur berjama’ah, shalat dhuha, pondok ramadhan dan lain-lain. Evaluasinya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan akhlak siswa di MA Al-Ma’arif Singosari Malang secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik hanya saja ada beberapa kendala terkait keistiqomahan dan antusias siswa dan juga terkait penilaian ekstrakurikuler keagmaan.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu Bagi lembaga sekolah hendaknya memberikan motivasi tentang pentingnya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan itu sendiri sekaligus memantau jalannya kegiatan tersebut. Lebih jauh lagi diharapkan agar lebih diperhatikan dan diberi fasilitas yang lebih lengkap. Bagi Pembina atau pengajar hendaknya lebih disiplin lagi dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler mengingat keantusiasan para siswa, dan melakukan inovasi sekreatif mungkin guna membangun minat para siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Bagi siswa hendaknya lebih rajin, semangat dan bersungguh-sungguh dalam partisipasinya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan agar dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, dan terbentuk.
Kata Kunci: Implementasi, Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan, Akhlak