Show simple item record

dc.contributor.authorRohman, Kholilur
dc.date.accessioned2020-12-14T06:44:04Z
dc.date.available2020-12-14T06:44:04Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/854
dc.description.abstractPendidikan karakter di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PIQ) masih terdapat faktor yang mempengaruhi, faktor yang sering terjadi adalah faktor eksternal, yaitu dari orang tua karena orang tua tidak sevisi dan semisi dengan pesantren, tujuannya sama akan tapi keinginannya tidak sama dengan pesantren, yang mana pesantren menginginkan si anak ini mengalami perkembangan yang signifikan akan tetapi tidak ada dukungan dari orang tua, karena orang tua lebih mementingkan pendidikan non formalnya di sekolah. Kemudian faktor yang kedua adalah faktor internal yaitu faktor lingkungan yang mana anak ini terpengaruh dari temantemannya misal dengan tidak mematuhi peraturan yang ada di pesantren terkadang masalah seperti ini sering terjadi karena pengaruh temannya yang mengajak kepada hal-hal yang melanggar peraturan pesantren secara tidak sadar anak ini karakternya berubah misal mulai ada perlawanan kepada gurunya karena ketahuan melanggar peraturan pesantren dll. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam lagi tentang pendidikan karakter di pondok pesantren dengan berbagai metode yang digunakan sehingga menghasilkan output yang berkualitas dan berguna bagi bangsa dan negara. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap dari Miles dan Huberman yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini, Pola Pendidikan karakter di Pondok Pesantren Ilmu AlQur’an (PIQ) Singosari Malang telah menerapkan pendidikan karakter dengan penanaman nilai-nilai karekter melalui kegiatan belajar ketika di kelas, khusunya di kelas Al-Qur’an dan bahasa Arab yang mana di dalamnya terdapat pembiasaan seperti pembacaan do’a memohon ridlo kepada Allah SWT dalam mencari ilmu kemudian pembiasaan melakukan sholat sunnah hajat dan do’a hajat sebelum melakukan kegiatan sehari-hari yang kemudian dipungkasi dengan tawakkal, memberikan suri tauladan (perbuatan baik) dalam kegiatan sehari-hari, kegiatan Ekstrakurikuler dan Tazkiyatun Nufuz. Metode yang digunakan adalah reward dan punishment dengan memberi nilai dan hadiah kepada santri yang berprestasi dan memberikan peringatan atau sanksi kepada santri yang bermasalah hal ini bertujuan untuk memotivsasi para santri sehingga lebih bersamangat dan bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PIQ) Singosari Malang untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya, dan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menggali lebih dalam tentang pendidikan karakter di Pondok Pesantren.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPesantrenen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.titlePeran Pendidikan Pesantren dalam Pendidikan Karakter Studi Kasus Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PIQ) Singosari Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record