Show simple item record

dc.contributor.authorNariyah, Siti Nivatul
dc.date.accessioned2023-10-24T08:14:47Z
dc.date.available2023-10-24T08:14:47Z
dc.date.issued2023-08-09
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8550
dc.description.abstractPendidikan memiliki peran penting dalam menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup manusia, terutama dalam menghasilkan sumber daya manusia berkualitas. Guru memegang peran penting dalam membimbing dan mengarahkan potensi siswa agar mereka dapat mengaplikasikan potensi tersebut dengan lebih baik. Salah satu nilai karakter yang penting adalah toleransi, terutama dalam masyarakat yang multikultural seperti Indonesia. SMK Negeri 3 Malang sebagai contoh sekolah dengan siswa beragam agama harus aktif membentuk sikap toleransi melalui pembelajaran PAI dan budi pekerti. Meskipun sudah ada usaha dalam memupuk toleransi, adanya perselisihan dan kurangnya menghargai perbedaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMK Negeri 3 Malang sangat relevan dan penting untuk dijalankan. Berdasarkan konteks penelitian tersebut, peneliti merumuskan sebuah fokus masalah yakni bagaimana perencanaan PAI dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang, bagaimana pelaksanaan PAI dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang, bagaimana evaluasi PAI dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan PAI dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang, pelaksanaan PAI dalam membentuk karakter toleransi siswa dan evaluasi PAI dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Berdasarkan usaha-usaha, didapatkan hasil temuan penelitian bahwa perencanaan PAI dan Budi Pekerti dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang melibatkan beberapa langkah, yakni: mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan pendidikan karakter toleransi, merencanakan program pendidikan karakter, rencana penyusunan pembelajaran (RPP). Pelaksanaan PAI dan Budi Pekerti dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang, yakni: metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi. Evaluasi PAI dan Budi Pekerti dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang, yakni : meningkatkan rasa persaudaraan, meningkatkan rasa nasionalisme, meningkatkan kekuatan iman, jadi siswa mampu mengimplementasikan karakter toleransi baik terhadap lingkungan yang berbeda agama ataupun sama. Dengan hal, ini siswa berteman tanpa membeda-bedakan latar belakang suku, agama, ras, dan budaya. Sikap saling tolong menolong yang mana hal tersebut siswa dapat menerapkan karakter toleransi di sekolah dengan cara berperilaku baik di lingkungan sekolah pada semua warga dilingkungan sekolah. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Karakter Toleransien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectBudi Pekertien_US
dc.subjectKarakter Toleransien_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Karakter Toleransi Siswa di SMKN 3 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record