View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Karakter Toleransi Siswa di SMKN 3 Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.949Mb)
Fulltext (3.101Mb)
Date
2023-08-09
Author
Nariyah, Siti Nivatul
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup manusia, terutama dalam menghasilkan sumber daya manusia berkualitas. Guru memegang peran penting dalam membimbing dan mengarahkan potensi siswa agar mereka dapat mengaplikasikan potensi tersebut dengan lebih baik. Salah satu nilai karakter yang penting adalah toleransi, terutama dalam masyarakat yang multikultural seperti Indonesia. SMK Negeri 3 Malang sebagai contoh sekolah dengan siswa beragam agama harus aktif membentuk sikap toleransi melalui pembelajaran PAI dan budi pekerti. Meskipun sudah ada usaha dalam memupuk toleransi, adanya perselisihan dan kurangnya menghargai perbedaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMK Negeri 3 Malang sangat relevan dan penting untuk dijalankan. Berdasarkan konteks penelitian tersebut, peneliti merumuskan sebuah fokus masalah yakni bagaimana perencanaan PAI dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang, bagaimana pelaksanaan PAI dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang, bagaimana evaluasi PAI dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan PAI dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang, pelaksanaan PAI dalam membentuk karakter toleransi siswa dan evaluasi PAI dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Berdasarkan usaha-usaha, didapatkan hasil temuan penelitian bahwa perencanaan PAI dan Budi Pekerti dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang melibatkan beberapa langkah, yakni: mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan pendidikan karakter toleransi, merencanakan program pendidikan karakter, rencana penyusunan pembelajaran (RPP). Pelaksanaan PAI dan Budi Pekerti dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang, yakni: metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi. Evaluasi PAI dan Budi Pekerti dalam membentuk karakter toleransi siswa di SMKN 3 Malang, yakni : meningkatkan rasa persaudaraan, meningkatkan rasa nasionalisme, meningkatkan kekuatan iman, jadi siswa mampu mengimplementasikan karakter toleransi baik terhadap lingkungan yang berbeda agama ataupun sama. Dengan hal, ini siswa berteman tanpa membeda-bedakan latar belakang suku, agama, ras, dan budaya. Sikap saling tolong menolong yang mana hal tersebut siswa dapat menerapkan karakter toleransi di sekolah dengan cara berperilaku baik di lingkungan sekolah pada semua warga dilingkungan sekolah. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Karakter Toleransi
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8550
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group