Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Budaya Religius di SD Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang
Abstract
Gencarnya arus globalisasi saat ini mengakibatkan kemerosotan moral terhadap anak bangsa. Berbagai informasi yang tidak mendidik sangat mudah didapatkan melalui sosial media, baik televisi maupun internet. Oleh karena pentingnya pendidikan karakter diterapkan di berbagai lembaga pendidikan. Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting, setiap manusia pasti membutuhkan pendidikan untuk memperoleh ilmu pengetahuan serta wawasan yang lebih luas dan menjadi orang yang berguna bagi orang lain. Berbicara mengenai pendidikan memang tidak pernah ada habisnya, karena pendidikan merupakan hal penting bagi kehidupan yang tidak bisa ditinggalkan. Dalam rangka membentuk karakter siswa, salah satu bentuk budaya yang perlu diimplementasikan di lingkungan sekolah adalah budaya religius. Adapun budaya religius yang dikembangkan harus sesuai dengan perencanaan yang telah disusun oleh pihak sekolah sehingga dapat terlaksana dengan baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan bentuk program pendidikan karakter melalui budaya religius pada perserta didik di SD Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang, dengan tiga fokus penelitian yakni: 1). Bagaimana perencanaan pendidikan karakter siswa melalui budaya religius di SD Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang. 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter siswa melalui budaya religius di SD Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang. 3). Bagaimana evaluasi pendidikan karakter siswa melalui budaya religius di SD Brawijaya Smart School (BSS) Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada tiga tahap yakni: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Data disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi yakni: 1) Triangulasi sumber, 2) Triangulasi Teknik, 3) Tiangulasi Waktu.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya menerapkan suatu program dalam pendidikan karakter siswa terutama program budaya religius. sehingga mendapatkan hasil yang baik untuk diri sendiri, guru, dan masyarakat sekolah. Dalam menerapkan budaya religius, perlu menyiapkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sehingga program tersebut dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Budaya Religius.