dc.description.abstract | Alivia Nurrohma Nabila, 2023. Pengaruh Potongan Harga dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) terhadap Minat Beli Konsumen TikTok Shop (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan 2019). Dosen Pembimbing 1: Dadang Krisdianto, S.Sos., M.Si, Dosen Pembimbing 2: Eny Widayawati, S.AB., M.AB.
Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh potongan harga dan electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen TikTok Shop. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa FEB Unisma pada angkatan 2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 100 orang yang diolah menggunakan IBM SPSS Statistics versi 24.
Dalam hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Potongan Harga (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli (Y), dengan nilai thitung > ttabel (2,117 > 1,984), dengan nilai signifikasi sebesar 0,037 < 0,05. Variabel electronic word of mouth (X₂) berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli (Y), dengan nilai thitung > ttabel (7,960 > 1,984) dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel potongan harga dan electronic word of mouth berpengaruh secara simultan terhadap minat beli dengan perolehan Fhitung > Ftabel yaitu 135.442 > 3,09 dan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel minat beli (Y) dipengaruhi 73% oleh variabel potongan harga dan electronic word of mouth. Sedangkan sisanya 27% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Potongan Harga, Electronic Word of Mouth, Minat Beli | en_US |