Pengaruh Persepsi, Pengetahuan Perkoperasian Dan Motivasi Berkoperasi Terhadap Minat Menjadi Anggota Koperasi Syariah Melalui Citra Koperasi Sebagai Variabel Moderasi
Abstract
Perkembangan koperasi memang mengalami pasang surut yang
diakibatkan oleh terbatasnya kemampuan SDM dalam mengelola
koperasi, ini yang menjadi alasan mengapa koperasi seolah-olah menjadi
organisasi yang lambat berkembang karena tidak semua orang yang
memiliki kemampuan dan pengetahuan mau bekerja bersama koperasi,
untuk dapat maju dan terus berkembang, koperasi harus membuktikan
bahwa koperasi tersebut dapat dipercaya. Citra merupakan sesuatu yang
sangat penting dalam sebuah badan usaha. Sampel dalam penelitian ini
117 responden. Teknik pengambilan sampel adalah Non-Probability
sampling. Uji instrument dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan
uji reliabilitas. Teknik analisis menggunakan Uji Structural Equation
Modeling (SEM). Penelitian ini mendapatkan hasil Persepsi Masyarakat
berpengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel Minat Menjadi Anggota
Koperasi, Pengetahuan Perkoperasian berpengaruh dan tidak signifikan
terhadap variabel Minat Menjadi Anggota Koperasi, Motivasi Berkoperasi
berpengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel Minat Menjadi Anggota
Koperasi, Persepsi Masyarakat, Pengetahuan Perkoperasian, dan
Motivasi Berkoperasi berpengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel
Minat Menjadi Anggota Koperasi yang di Moderasi oleh citra koperasi.