Sekolah merupakan tempat siswa menimba ilmu dan membentuk kepribadian mereka menjadi pribadi yang bertakwa, cerdas, terampil, dan berakhlak mulia. Dengan memiliki karakter religius, siswa tidak akan terpengaruh oleh arus zaman yang semakin menjauh dari nilai-nilai kehidupan. Penelitian ini membahas tentang strategi sekolah, faktor pendukung, dan faktor penghambat dalam mengimplementasikan karakter religius.
Berdasarkan latar belakang maka rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi sekolah dalam menerapkan penguatan karakter religius di MI Tahfidz Al-Asyhar Kota Malang? 2) Apa saja faktor pendukung sekolah dalam menerapkan program strategi penguatan karakter religius di MI Tahfidz Al-Asyhar Kota Malang? 3) Apa saja faktor penghambat sekolah dalam menerapkan program strategi penguatan karakter religius di MI Tahfidz Al-Asyhar Kota Malang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilakukan di MI Tahfidz Al-Asyhar Kota Malang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, seperti hasil wawancara dan surat izin penelitian. Temuan penelitian adalah sebagai berikut: 1) Siswa di MI Tahfidz Al-Asyhar Kota Malang memiliki karakter religius yang baik, dan guru mendidik mereka untuk bertanggung jawab dan mandiri dalam kegiatan sehari-hari, sehingga siswa dapat melaksanakan tugasnya tanpa ada paksaan atau tekanan. 2) Siswa antusias dalam mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah dan disiplin dalam mengikuti kegiatan sekolah, sehingga tidak perlu lagi bimbingan yang berlebihan dari guru karena siswa sudah sadar akan kewajiban dan kegiatan sehari-hari di sekolah. 3) Faktor penghambat dalam penguatan karakter religius di MI Tahfidz Al-Asyhar adalah kurangnya sarana dan prasarana serta kurangnya keterlibatan orang tua di rumah.
Kata Kunci: Karakter Religius, Strategi, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat