Implementasi Kegiatan Literasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 3A MI Nurul Ulum
Abstract
Literasi merupakan salah satu permasalahan yang ada di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena rendahnya tingkat membaca masyarakat Indonesia. Agar dapat diatasi literasi harus ditanamkan kepada siswa agar mampu mendorong siswa tersebut mampu bersaing secara global. Literasi memiliki peran yang sangat penting dalam diri anak untuk melatih kemampuan dasarnya dalam berbahasa yang meliputi membaca, menulis, dan berbicara. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum untuk senantiasa menumbuhkan minat berliterasi dalam diri siswa. Maka dari itu, dibutuhkan suatu program yang dikembangkan untuk melakukan kegiatan literasi yang diterapkan kepada seluruh siswa di MI Nurul Ulum agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Dari latar belakang diatas, maka peneliti merumuskan rumusan masalah yaitu tentang program apa saja yang diterapkan dalam kegiatan literasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas 3A MI Nurul Ulum, bagaimana penerapan kegiatan literasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas 3A MI Nurul Ulum, serta pola literasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas 3A MI Nurul Ulum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, pelaksanaan, serta pola literasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas 3A MI Nurul Ulum. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Madrasah, Guru Kelas 3A, dan perwakilan siswa. Peneliti melakukan observasi terkait kegiatan literasi yang diterapkan kepada siswa. Dokumentasi dilakukan dengan cara memperoleh data terkait sejarah singkat, visi, misi, tujuan, sarana, dan prasarana yang terdapat di MI Nurul Ulum.
Dari hasil penelitian ternyata, program yang diterapkan dalam kegiatan literasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia adalah dengan melakukan kegiatan membaca materi yang akan dibahas, melakukan bedah buku, serta mengupayakan kegiatan diskusi kelompok untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penerapan kegiatan literasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia meliputi empat aspek utama yaitu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Sedangkan pola literasi yang dilakukan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu pembiasaan dan pembelajaran. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa program, penerapan, dan pola pada kegiatan literasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas 3A MI Nurul Ulum telah berjalan dengan baik, dan cukup berhasil, hal ini terbukti dengan kegiatan literasi berdampak pada siswa yang ditandai dengan adanya pemahaman yang mendalam siswa terkait materi yang disampaikan, serta siswa lebih aktif dalam pembelajaran yang berbasis literasi.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran dalam kegiatan literasi yaitu tentang langkah selanjutnya yang berwawasan luas dari MI Nurul Ulum untuk dapat mengembangkan strategi dan gaya belajar dengan lebih baik lagi serta dengan mengupayakan pemerataan sarana dan prasarana yang mendukung dalam kegiatan literasi agar dapat mencapai hasil dan tujuan yang lebih maksimal.
Kata Kunci : Literasi, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia