Variasi Metode Pembelajaran pada Mata Pelajaran Fiqih dalam Penanaman Karakter di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarokah Turi Lamongan
Abstract
Dalam menanamkan karakter kapada siswa kita perlu mengunakan beberapa metode untuk bisa tertanam kedalam diri siswa. Pentingnya pendidikan karakter pada siswa ini sangat berpengaruh dalam keberhasilan siswa dimasa depan. Pendidikan karakter juga sebagai benteng utama dalam diri ketika siswa nanti kembali kemasyarakat atau ke lingkungan rumahnya. Mts.Al- Mubarokah dalam naungan Ponpes SPMAA( Sumber Pendidikan Mental Agama Allah) memiliki perhatian serius dalam hal karakter sebagai warga belajar.
Nilai-nilai dan filosofi pendidikan yang diterapkan di Ponpes SPMAA merupakan modal utama konstruksi social dan penanaman pendidikan karakter relegius. SPMAA memiliki 103 cabang di 20 provinsi di Indonesia dan memiliki 3 program utama yakni social, pendidikan dan lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, penelitian ini dirancang untuk memahami fenomena apa yang dialami subjek penelitian secara deskriptif berupa kata-kata dan bahasa, dalam konteks alamiah tertentu dan menggunakan berbagai metode ilmiah.
Mts. Al mubarokah mempunyai model implementasi pembelajaran pada mata pelajaran fiqih dalam penanaman karakter siswa . Diantaranya :a. Masa orientasi siswa yang berbentuk out bound model penanaman karakter dalam pembelajaran fiqih. b.Pengimplementasian pembelajaran fiqih dalam menanamkan karakter mengunakan metode role play. c.Belajar bersama masyarakat sebagai ajang praktek pembelajran fiqih.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran, Pembelajaran Fiqih , Pendidikan Karakter