dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan guna memperoleh gelar sarjana, untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta, untuk mengetahui kontribusi naik turunnya variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y), dan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan peserta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 orang yang diolah menggunakan IBM SPSS Statistics versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Kreativitas (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Malang. Hal ini ditunjukkan dengan thitung lebih besar daripada t¬tabel yaitu (3,840 < 1,6607) dengan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil daripada 0,05 sehingga Ha diterima Ho ditolak. Secara parsial kualitas pelayanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Malang. Hal ini ditunjukkan dengan thitung lebih besar daripada t¬tabel yaitu (7,917 < 1,6607) dengan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil daripada 0,05 sehingga Ha diterima Ho ditolak. Kemudian secara simultan kreativitas dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Malang. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung lebih besar daripada Ftabel yaitu (109,841 > 2,36) dengan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil daripada 0,05 sehingga Ha diterima Ho ditolak.
Kata Kunci :, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Peserta | en_US |