dc.description.abstract | Berdasarkan hasil studi pendahuluan melalui wawancara dan observasi singkat yang dilakukan peneliti dengan guru matematika kelas VII SMP Sunan Giri Malang, diperoleh informasi bahwa kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa tergolong rendah. Banyak peserta didik yang merasa kesulitan saat mengerjakan soal matematika yang sedikit bervariasi dan sering merasa kesulitan saat mengerjakan soal cerita yang sekikit kompleks. Hal ini selain disebabkan oleh kurang terbiasanya siswa dalam latihan soal juga disebabkan oleh guru yang masih menggunakan strategi pengajaran yang kurang menarik. Atas pertimbangan hal tersebut maka, peneliti memberikan solusi dengan menerapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Sunan Giri Malang tahun ajaran 2022-2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK. Pada penelitian ini setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Sunan Giri Malang tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes akhir siklus, observasi siswa dan guru, wawancara, dan catatan lapangan. Data-data yang diperoleh dari lapangan akan dilakukan pengecekan keabsahan data dengan teknik ketekunan pengamat, triagulasi, dan pemeriksaan teman sejawat.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project mampu meningkatkan kemampuan pemecahan maslah dan kemampuan berpikir kreatif siswa materi bangun ruang pada siswa kelas VII SMP Sunan Giri Malang tahun ajaran 2022/2023. Adapun deskripsi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada akhir siklus dapat dilihat dari hasil penelitian yang telah diperoleh yakni: (1) ketuntasan pada tes akhir siklus 1 sebesar 54, 5 % dengan nilai rata-rata kelas 66,8. Sedangkan pada siklus 2 ketuntasan mencapai 86,4% dengan nilai rata-rata 80,7. (2) hasil observasi kegiatan guru pada siklus 1 mencapai 67,95%, sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 89,33%. (3) hasil observasi kegiatan siswa pada siklus 1 mencapai 63,33%, sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 88,1%. (4) hasil presentase wawancara seluruh siswa pada siklus 1 mencapai 45,5 % yaitu 10 dari 22 siswa merasa senang, kemudian pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 81,8% yaitu 18 dari 22 siswa merasa senang dengan penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Projects. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Projects dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Sunan Giri Malang materi bangun ruang tahun ajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Penerapan, Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kreatif | en_US |