Persuasif pada Iklan Komersial Kesehatan
Abstract
Persuasif merupakan strategi pemasaran untuk menarik perhatian konsumen. Untuk dapat menciptakan efek persuasif dan emosional konsumen, dalam proses pembuatan iklan diperlukan fitur linguistik yang tepat dan efisien. Iklan yang baik dan efektif cenderung dikemas dengan bahasa yang tepat, persuasif, dan emosional. Iklan komersial kesehatan merupakan salah satu iklan yang memanfaatkan fitur linguistik dalam tindak persuasif. Adanya penggunaan kata yang efisien, maka dalam iklan komersial kesehatan terdapat isi pesan persuasif yang kuat untuk membujuk konsumen. Berdasarkan latar belakang tersebut masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakah: (1) karakteristik kalimat dan (2) isi pesan persuasif pada iklan komersial kesehatan.
Perkembangan periklanan di Indonesia saat ini menunjukkan bahwa produsen sebagai pengiklan melakukan berbagai strategi persuasif untuk meyakinkan konsumen dengan menghilangkan keraguan-keraguan yang tidak beralasan tentang produk yang dipromosikan melalui iklan. Untuk mempengaruhi konsumen, suatu iklan tentunya tidak lepas dari tutur kata yang baik, menarik, lugas, dan mudah dimengerti khalayak umum. Melalui pernyataan tersebut, maka tahap promosi harus sangat diperhatikan oleh suatu perusahaan.
Dalam kehidupan sehari-hari, iklan komersial kesehatan menjadi salah satu iklan yang paling disimak oleh konsumen. Melalui menyimak kesehatan, konsumen akan menemukan produk sesuai kebutuhan tubuhnya. Pada produk komersial produk kesehatan yang perlu diperhatikan adalah kemampuan produk tersebut untuk melakukan fungsi-fungsi yang meliputi khasiat, daya tahan, ketelitian yang dihandalkan, dan atribut lain yang berharga pada produk secara keseluruhan. Melalui penggunaan bahasa persuasif secara fakta dan ilmiah, konsumen akan lebih tertarik membeli produk yang ditawarkan.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik kalimat dan isi pesan pada bahasa persuasif iklan. Sumber data penelitian ini adalah iklan komersial kesehatan. Iklan komersial kesehatan dalam penelitian ini adalah iklan produk hasil industri yang berbeda-beda. Data dalam penelitian ini adalah kalimat iklan komersial kesehatan yang berjumlah 97 data. Dalam penelitian kualitatif, peneliti berperan penting sebagai instrumen pengumpul data. Setelah pengumpulan data, peneliti melakukan teknik dokumentasi dan simak catat. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, dan penyimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik kalimat iklan komersial kesehatan ditinjau dari penggunaan kata yang di antaranya yaitu, verba, adjektiva, nomina, pronomina, dan numeralia. Pada iklan komersial kesehatan, (1) verba digunakan untuk menunjukkan manfaat produk, kepraktisan produk, dan keunggulan komposisi produk, (2) adjektiva digunakan untuk meyakinkan konsumen, menginformasikan fakta produk, dan menunjukkan hasil produk, (3) nomina digunakan untuk mengedepankan citra nama produk, menunjukkan daya tarik produk, menginformasikan kandungan produk, dan keterangan produk, (4) pronomina digunakan untuk menunjukkan loyalitas konsumen, dan (5) numeralia digunakan untuk menunjukkan kinerja produk dan kualitas produk.
Melalui pemilihan kata yang efisien, terdapat tiga isi pesan pada iklan komersial kesehatan yaitu, isi pesan rasional, emosional, dan kombinasi. Pada isi pesan komersial kesehatan, (1) isi pesan rasional digunakan untuk membujuk konsumen melalui strategi menginformasikan manfaat, kualitas, efisiensi, dan citra nama produk, (2) isi pesan emosional digunakan untuk membujuk konsumen melalui emosional negatif dan positif, dan (3) isi pesan kombinasi digunakan untuk membujuk konsumen melalui strategi menggabungkan isi pesan rasional dan emosional. Pada hasil penelitian, isi pesan kombinasi yang merupakan penggabungan isi pesan rasional dan isi pesan emosional cenderung lebih menarik perhatian konsumen.
Kata Kunci : Persuasif, Iklan, Komersial Kesehatan