Pengaruh Literasi Keuangan, Pembelajaran di Perguruan Tinggi dan Pengalaman Bekerja Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh literasi keuangan, pembelajaran di perguruan tinggi dan pengalaman bekerja terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan 72 mahasiswa Akuntansi angkatan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan memanfaatkan google form berskala likert 4 poin yaitu 1 sangat tidak setuju, 2 tidak setuju, 3 setuju dan 4 sangat setuju. Berdasarkan hasil penelitian pada mahasiswa prodi Akuntansi angkatan 2019 diperoleh hasil bahwa literasi keuangan memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,013 < 0,05 maka H¬0 ditolak dan H1a diterima, variable pembelajaran di perguruan tinggi memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,039 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1b diterima, variable pengalaman bekerja memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1c diterima. Berdasarkan pemaparan tersebut, dapat dikatakan bahwa literasi keuangan, pembelajaran di perguruan tinggi dan pengalaman bekerja berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan mahasiswa.
Kata kunci: Literasi Keuangan, Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Pengalaman Bekerja, Perilaku Keuangan Mahasiswa.