Pemanfaatan High Touch High Tech Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Man 1 Kota Malang
Abstract
Penyelenggaraan pendidikan tentunya harus menyiapkan para pesrta didik
berkarakter yang memiliki kemampuan sains dan teknologi yang handal juga
berprestasi pada umumnya. Oleh sebab itu pendidikan memerlukan special drive
untuk mengejar ketertinggalannya terutama dalam pembelajaran akidah akhlak.
Pada proses pebelajaran di madrasah tentunya perlu diupayakan mode pebelajaran
yang dapat mengimplementasikan dan mengintegrasikan seni mengajar guru (
high touch) dan kekuatan teknologi (high tech) untuk mencapai tujuan dan hasil
belajar yang diharapkan. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana perencanaan high touch high tech dalam pembelajaran akidah akhlak,
bagaimana penerapan high touch high tech dalam pembelajaran akidah akhlak dan
bagaimana hasil high touch high tech dalam pebelajaran akidah akhlak. Penelitian
ini dilakukan di MAN 1 Kota Malang sebagai lembaga yang memanfaatkan high
touch high tech dalam proses pembelajaran akidah akhlak.
Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dilakukan mengunakan
pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan dengan prosedur penelitian yang
menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang
dan perilaku yang dapat diamati. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah
studi kasus, yaitu penelitian dengan mendalami suatu kasus tertentu secara lebih
mendalam dengan melibatkan pengumpulan beraneka sumber informasi.
pengumpulan data menggunakan metode Observasi melalui pengamatan dengan
pencatatan sistematik fenomena yang di selediki, wawancara atau tanya jawab
secara lisan dilakukan dengan sumberpenelitian, dan metode dokumentasi yaitu
pengumpulan data dilakukan terhadap setiap dokumen atau arsip kegiatan.
Hasil pemanfaatan high touch high tech dalam pembelajaran akidah akhlak
di MAN 1 Kota Malang tercapai melihat dua indikator berikut, yakni (1)
keterampil guru dalam menggunakan dan memanfaatkan high touch high tech (2)
motivasi dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Mengacu pada kedua
hal tersebut, maka melalui pemanfaatan high touch high tech dapat memberi
dampak positif pada proses pembelajaran siswa dalam meningkatkan minat
belajar, membangkitkan motivasi dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Semangat yang dimaksud adalah karena metode, alat pembelajaran yang
digunakan sangat menarik, siswa lebih aktif, efektif dan dapat memudahkan siswa
dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan guru