Show simple item record

dc.contributor.authorFauzie, Anas
dc.date.accessioned2023-11-23T03:06:40Z
dc.date.available2023-11-23T03:06:40Z
dc.date.issued2022-09-05
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8776
dc.description.abstractFenomena intoleransi umat beragama marak terjadi, namun hal itu tidak sepenuhnya beralasan. Di kalangan pelajar, justru sebaliknya yang terjadi adalah hubungan interaksi sosial yang egaliter. SMA Taman Harapan Malang sebagai situs penelitian adalah sekolah multikultural yang memiliki karakteristik unik dan menarik dalam konteks praktik religius, seperti perayaan Hari Natal bersama, bekerja sama untuk menyukseskan pelaksanaan zakat dan pemotongan hewan Qurban. Internalisasi religius antara peserta didik dan guru terbentuk melalui kegiatan di dalam dan di luar kelas. Para guru menggunakan metode tauladan sehingga peserta didik segera cepat memahami dan mempraktekkan pesan moral dan keilmuan dari para guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan memberikan interprestasi tentang (1) nilai-nilai toleransi dalam upaya pengembangan karakter religius pada peserta didik di SMA Taman Harapan Malang. (2) sikap dan perilaku peserta didik terhadap nilai-nilai toleransi (3) model internalisasi karakter religius berbasis nilai-nilai toleransi di SMA Taman Harapan Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus etnografi. Desain penelitian kualitatif ini bersifat fleksibel dan sementara, sehingga sewaktu waktu dapat berubah sesuai dengan kondisi dan temuan data lapangan, serta informasi yang diperoleh dari informan. Data dikumpulkan dengan tehnik (1) Observasi Partisipan (2) Wawancara Mendalam, dan (3) Dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles, M.B dan Huberman, A.M. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan tehnik triangulasi, baik triangulasi sumber maupun metode. Peneliti membandingkan wawancara dengan hasil pengamatan dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi karakter religius berbasis nilai-nilai toleransi pada peserta didik di SMA Taman Harapan Malang merupakan hasil upaya para guru mengimplementasikan model internalisasi melalui internalisasi teoritis dan praktis dengan menggunakan metode ceramah, pemberian tugas, diskusi, dan tauladan. Hal ini dilakukan secara bersama-sama dari para guru dan pegawai sekolah secara langsung dan tidak langsung disampaikan kepada peserta didik sehingga mampu memahami nilai-nilai toleransi dalam pengembangan karakter religius peserta didik untuk dapat diimplementasikan dalam sikap dan tingkah laku sehari-hari. Hasil penelitian ini peneliti temukan nilai-nilai toleransi antar peserta didik yang berkembang di sekolah, yakni (1) menghormati orang lain, menghargai perbedaan, memiliki kepekaan sosial, dermawan, berhati nurani, dan mencintai kebenaran. (2) sikap dan perilaku menerima perbedaan, tidak diskriminasi, tidak memaksakan kehendak, tidak mengganggu orang lain, empati, tidak merasa benar menang sendiri, memiliki kepekaan sosial, dan menghindari konflik. (3) model internalisasi normatif yang diterapkan melalui metode ceramah, diskusi, penugasan, dan tauladan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKarakter Religiusen_US
dc.subjectNilai-Nilai Toleransien_US
dc.titleInternalisasi Karakter Religius Berbasis Nila-Nilai Toleransi Pada Peserta Didik Di SMA Taman Harapan Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record