Penggunaan Media Daring (Dalam Jaringan) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq dalam Menumbuhkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI Agama I Madrasah Aliyah Negeri II Kabupaten Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Ocvando, Khovadli
dc.date.accessioned 2020-12-15T02:25:58Z
dc.date.available 2020-12-15T02:25:58Z
dc.date.issued 2020-06-12
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/877
dc.description.abstract Pada akhir tahun 2019 hingga sekarang ini dunia telah dikejutkan dengan terjadinya pandemi Covid-19, pandemi tersebut muncul pada pertengahan Desember 2019 di Wuhan Cina dan menyebar ke berbagai negara di Bumi, hingga pada awal bulan Maret pandemi tersebut menyebar hingga ke negara Indonesia. Pandemi virus tersebut menyerang organ pernafasan manusia dan sangat mudah menular dari manusai satu ke manusia yang lainya. Pandemi tersebut memaksa beberapa sektor termasuk sektor pendidikan untuk melakukan perubahan sistem, salah satu sistem yang dirubah dalam sektor pendidikan adalah sistem pembelajaran yang awalnya dilakukan di sekolah menjadi dilakukan di rumah, semua sekolah di Indonesia serentak melakukan pembelajaran di rumah hal tersebut sebagai sikap yang dilakukan guna mendukung program pemerintah untuk melakukan pembatasan interaksi sosial, akan tetapi hal tersebut tidak menjadikan proses pembelajaran terhambat, begitu juga dengan pembelajaran Aqidah Akhlaq pada kelas XI Agama I di Madrasah aliyah Negeri II Kabupaten Malang, karena mata pelajaran tersebut memuat materi tentang hikmah-hikmah kehidupan yang sangat relevan jika di terapkan dalam kondisi saat ini, maka media daring dapat dijadikan salah satu upaya agar peserta didik tetap memiliki minat belajar yang tinggi meskipun hanya belajar dari rumah. Berdasarkan latar belakang penelitian diatas peneliti merumuskan beberapa masalah antara lain bagaimana kesiapan guru pada pembelajaran daring, bagaimana tahapan penerapanya dan faktor pendukung dan penghambat apa ada dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kesiapan guru pada pembelajaran daring, bagaimana tahapan penererapan serta bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaanya pada pembelajaran Aqidah Akhlaq kelas XI Agama I di Madrasah Aliyah Negeri II Kabupaten Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, yaitu pengamatan tentang fenomena yang terjadi di lapangan serta melakukan wawancara tanya jawab secara lisan, yang dilakukan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa foto, screen shoot pembelajaran, proses pembelajaran daring peserta didik, tingkah laku peserta didik saat menerima pembelajaran daring dan sebagainya. Dalam penelitin ini diperoleh data bahwa kesiapan guru dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq dengan menggunakan media daring adalah dengan memilih media berupa aplikasi (Whats App) yang sesuai dengan kemampuan peserta didik sehingga mudah dilakukan, dengan melalui tahapan guru memberikan salam, memberikan penghargaan terhadap peserta didik yang antusias, memberikan tugas berupa file/video, memberikan instruksi kepada peserta didik untuk melakukan diskusi dengan teman satu kelas, kemudian mengambil gambar tugas dan dikirimkan kepada guru Aqidah Akhlaq. Faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media daring pada pembelajaran Aqidah Akhlaq guna menumbuhkan minat peserta didik antara lain adalah fasilitas, psikologi peserta didik, motivasi dari berbagai pihak, dan jumlah tugas yang diberikan, sehingga diperoleh hasil bahwa penggunaan media daring dalam jangka waktu yang terlalu lama kurang efektif dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik. Pada akhir skripsi ini ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan khususnya kepada peserta didik, guru Aqidah Akhlaq, dan lembaga Madrasah Aliyah Negeri II Kabupaten Malang dalam penggunaan media daring, antara lain bagi peserta didik agar lebih bisa memanajemen pola tugas agar tidak sampai menumpuk, bagi guru agar selalu melakukan inovasi dalam mengemas media daring agar peserta didik tetap memiliki antusias dan minat yang tinggi dalam pembelajaran daring, bagi lembaga madrasah untuk selalu mengadakan pelatihan secara berkelanjutan guna meningkatkan kualitas dan kopetensi guru pendidik khususnya pada bidang pengembangan dan pemahaman tentang teknologi. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.subject Aqidah Akhlaq en_US
dc.subject Daring en_US
dc.title Penggunaan Media Daring (Dalam Jaringan) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq dalam Menumbuhkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI Agama I Madrasah Aliyah Negeri II Kabupaten Malang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account