Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter religius Siswa di SMA Negeri 4 Malang
Abstract
Kajian tentang pendidikan karakter sangat penting bagi kita karena pendidikan karakter merupakan wujud upaya pemerintah untuk membentuk generasi muda yang berkarakter. Tujuan dari program tersebut adalah menanamkan, membentuk dan mengembangkan nilai-nilai karakter bangsa. Karena pendidikan tidak hanya mendidik peserta didiknya menjadi insan cerdas dengan inteligensi yang tinggi, tetapi juga mendidik individu yang berakhlak mulia. Melihat dari segi religius, berdasarkan observasi awal yang dilakukan, terkait dengan merosotnya karakter religius peserta didik SMA Negeri 4 Malang masih terlihat dari rendahnya baik pengetahuan dan pemahaman dalam soal keagamaan kurangnya kesadaran peserta didik dalam soal melaksanakan kewajibannya ketika berada di jam istirahat sekolah, seta kegiatan keagamaan lainya.
Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah dengan mendeskripsikan masalah yang dihadapi. Hal ini didasarkan pada pandangan bahwa dalam karya ini peneliti ingin memahami, memperdalam dan menjelaskan pengenalan karakter religius serta permasalahan dan solusi yang ditemukan untuk menciptakan pelaksanaan tugas pemerintahan yang baik secara optimal. Karena tujuan tersebut, penting bahwa penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif.
Berdasarkan hasil temuan yang telah di bahas pada pembahasan sebelumnya, dapat diketahui bahwasanya perencanaan guru pendidikan
vi
agama Islam di SMA Negeri 4 Malang di mulai dari penyusunan RPP yang mana di dalamnya terdapat strategi, metode, dan teknik untuk menyampaikan mata pelajaran pendidikan agama Islam di lingkungan sekolah terlebih-lebih di dalam kelas. Selain itu guru pendidikan agama Islam menyiapkan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, perencanaan ini merupakan salah satu dari upaya guru pendidikan agama Islam Guru pendidikan agama Islam di tuntut untuk merencanakan sebuah tujuan dan mengidentifikasi kompetensi yang ingin dicapai.
Dari hasil penelitian di lapangan proses yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius pada siswa di SMA Negeri 4 Malang terdapat bermacam-macam cara. Adapun dalam proses guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius pada siswa SMA Negeri 4 Malang, sebagai berikut: a. Pemberian Angka (nilai) b. Pemberian Penghargaan c. Kompetisi d. Suasana Nyaman
Dengan adanya faktor pendukung dan penghambat maka peneliti menemukan Adanya dukungan dari semua pihak yang berada dalam lingkungan sekolah merupakan hal yang penting dalam proses menanamkan karakter religius. Dukungan penuh dari pihak sekolah yang diberikan merupakan salah satu bentuk dorongan untuk mencapai tujuan yang dimaksud. Siswa yang memiliki kemauan dalam belajar pendidikan agama Islam perlu adanya fasilitas, dukungan baik dari lingkungan sekolah maupun lingkup sebuah keluarga, di mana guru sebagai fasilitator diharapkan mampu untuk memberikan suatu wadah yang membantu para siswa memperoleh wawasan dalam hal segi agama terlebih-lebih soal sosial dan bagaimana agama menyikapinya. Waktu orang tua bersama dengan siswa merupakan salah satu bentuk dukungan dari orang tua. Kurangnya minat Peserta didik memiliki karakter dan kepribadian yang bermacam-macam, dari mulai yang aktif hingga yang pasif dalam pembelajaran ataupun kegiatan. Dengan adanya kurang minat dalam peserta didik berakibatkan kurangnya kegiatan yang kondusif.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Karakter religius