Implementasi Program Corporate Social Responbility (CSR) Program Penghijauan PT Selecta Dalam Memperhatikan Citra Perusahaan (Studi pada Masyarakat Dusun Gondang, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Batu)
Abstract
PT Selecta merupakan perusahaan berbasis PT (Perseroan Terbatas) yang
memiliki budaya kerja yang unik. Bermula dari kondisi lingkungan hidup yang
semakin memburuk di Indonesia, PT Selecta berusaha untuk menjaga kelestarian
lingkungan di sekitarnya sebagai wujud tanggung jawab. Bentuk tanggung jawab
itu tentunya di implementasikan dalam program CSR sebagai wujud dalam
mempertahakan citra perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana
implementasi, peran actor, persepsi masyarakat, dan hasil implementasi PT
Selecta dalam Mempertahankan Citra Perusahaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di PT Selecta. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan studi
dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan interactive model analysis dari Moleong (2011:248) yang
meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur implementasi program
Corporate Social Responsibility PT Selecta dalam mempertahankan citra
perusahaan melalui beberapa tahap dalam mengantisipasi pencemaran kegiatan
produksi perusahaan terhadap masyarakan Gondang memiliki beberapa tahap
dalam implementasinya diantaranya tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap
monitoring dan evaluasi. Peran aktor dalam implementasi program Corporate
Social Responsibility PT Selecta dalam mempertahankan citra perusahaan
diantaranya peran dari pemerintah untuk bersedia mengapresiasi langkah yang
diambil oleh PT Selecta karena sedikit atau banyak juga akan membantu kinerja
Dinas Lingkungan Hidup, peran dari swasta memperlihatkan bahwa usaha yang
dibangun oleh berbagai pihak tidak ingin berakhir sia-sia, peran masyarakat untuk
dapat merawat pohon dan mengikuti seluruh kegiatan program CSR PT Selecta.
Persepsi masyarakat terhadap implementasi program CSR PT Selecta dalam
mempertahankan citra perusahaan masyarakat memandang program CSR
penghijauan PT. Selecta itu positif berarti mereka melihat program itu mempunyai
tujuan yang baik dan akan bermanfaat bagi mereka. Hasil implementasi program
Corporate Social Responsibility penghijauan PT Selecta dalam mempertahankan
citra perusahaan di desa ini cukup baik, artinya masyarakat sudah memiliki
pandangan bahwa perusahaan ini sudah memberikan perhatiannya kepada
masyarakat.