dc.description.abstract | Untuk menekan jumlah penduduk dibawah garis kemiskinan, wewenang kepada Kepala Daerah diberikan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerahnya, khususnya wilayah desa. Di Kabupaten Malang, pembangunan ekonomi desa mandiri terealisasi dengan dibangunnya rest area di akses jalan menuju daerah wisata di Malang Raya. Penelitian ini berfokus pada Desa Donowarih Karangploso Kabupaten Malang dan Desa Mulyorejo Ngantang, Kabupaten Malang.
Terdapat tiga tujuan dari penelitian ini pertama, mengetahui dampak pembangunan Rest Area terhadap peningkatan taraf kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Kabupaten Malang. Kedua, mengetahui strategi pemerintah desa setempat untuk meningkatkan dampak pembangungan Rest Area terhadap peningkatan taraf kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di masing-masing desa. Ketiga, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pertumbuhan sosial dan ekonomi masyarakat masing-masing desa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang kemudian dilakukan analisis data menggunakan metode analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor-faktor secara sistematis.
Hasil penelitian ini ditemukan kekuatan dan peluang dari rest area untuk dikembangkan sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat desa. Namun, terdapat kelemahan dan ancaman sehingga diperlukan strategi yang sesuai untuk mengatasinya. Bagi rest area Karangploso, strategi tersebut antara lain, melakukan kegiatan bersama antara Pemerintah Desa dan warga rest area untuk meningkatkan pendapatan pedagang di rest area, memaksimalkan teknologi komunikasi untuk mempromosikan rest area, membentuk paguyuban pedagang di rest area, melakukan penyuluhan bagi warga desa, menambah tenaga kebersihan di rest area, laporan rutin penggunaan uang sewa kepada masyarakat.
Bagi rest area 77 Lesehan Ngantang, strategi tersebut antara lain, mendirikan gerai UMKM lokal, bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menjadikan kawasan rest area sebagai ikon wisata kuliner, bekerjasama dengan pemerintah daerah dan investor dalam penyelesaian pembangunan rest area, memaksimalkan promosi melalui sosial media, menambah tenaga kebersihan.
Kata Kunci : Rest Area, Strategi Pemerintah Desa, Peningkatan Taraf kehidupan Masyarakat. | en_US |