Show simple item record

dc.contributor.authorPurnama, Anita Candra Dewi P
dc.date.accessioned2020-12-15T03:55:34Z
dc.date.available2020-12-15T03:55:34Z
dc.date.issued2020-11-18
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/884
dc.description.abstractKemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik karena dapat membantu peserta didik untuk memecahkan persoalan, baik yang ada di dalam pelajaran ataupun dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bidang pelajaran seperti matematika, kemampuan pemecahan masalah sangat penting untuk dimiliki oleh peserta didik. Karena kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan individu untuk mencari jalan keluar dari persoalan matematika yang baru dan tidak mudah untuk diselesaikan. Kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki masing-masing peserta didik berbeda. Salah satu hal yang mempengaruhi adalah motivasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan cara yang dilakukan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jabung dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematika materi statistika ditinjau dari motivasi belajar; 2) mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jabung materi statistika ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur penelitian ini meliputi: 1) tahap pra lapangan yaitu dengan melihat latar subjek yang dilakukan melalui wawancara terhadap guru matematika di sekolah yang bersangkutan dan melakukan penyusunan alat bantu instrumen penelitian; 2) tahap penelitian yaitu dengan memberikan soal tes dan kuesioner terhadap 36 peserta didik, setelah itu dilakukan wawancara terhadap 6 subjek terpilih (2 subjek dengan motivasi belajar tinggi, 2 subjek dengan motivasi belajar sedang, dan 2 subjek dengan motivasi belajar rendah) untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam; 3) tahap analisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 vii Jabung. Adapun instrumen pendukung yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika, kuesioner motivasi belajar, dan pedoman wawancara. Hasil analisis dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1) cara-cara yang digunakan peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dan motivasi belajar tinggi dalam menyelesaikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, rata-rata hanya menggunakan cara yang memenuhi dua indikator kemampuan pemecahan masalah, yaitu indikator memahami masalah dan melaksanakan rencana. Selanjutnya peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah sedang dan motivasi belajar sedang dalam menyelesaikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, ratarata hanya menggunakan cara yang memenuhi satu indikator kemampuan pemecahan masalah, yaitu indikator melaksanakan rencana. Dan peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah rendah dan motivasi belajar rendah dalam mengerjakan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, ratarata tidak menggunakan cara yang sesuai dengan indikator kemampuan pemecahan masalah; 2) tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki peserta didik ditinjau dari motivasi belajarnya adalah peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi memiliki skor hasil ratarata angket motivasi belajar sebesar 71 yang tergolong dalam kategori sedang. Selanjunya peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah sedang memiliki skor hasil rata-rata angket motivasi belajar sebesar 70 yang tergolong dalam kategori sedang. Dan peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah rendah memiliki skor hasil rata-rata angket motivasi belajar sebesar 50 yang tergolong dalam kategori rendah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectStatistikaen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Jabung Tahun 2020en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record