View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Kelas VII di SMPN 5 Karangploso

Thumbnail
View/Open
Publish (1.406Mb)
Fulltext (4.655Mb)
Date
2023-10-02
Author
Wahyudi
Metadata
Show full item record
Abstract
Disiplin berarti mematuhi tata tertib di sekolah dalam hal waktu sikap dan kerapian karakter ini perlu di tanamkan kepada setiap peserta didik agar terkendalinya tingkah laku dan mematuhi aturan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategi guru mata pelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk kedisiplinan siswa kelas VII di SMPN 5 Karangploso, pelaksanaan strategi guru mata pelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk kedisiplinan siswa kelas VII di SMPN 5 Karangploso dan evaluasi stratgei guru mata pelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk kedisiplinan siswa kelas VII di SMPN 5 Karangploso. Untuk mencapai tujuan Penelitian tentang strategi guru mata pelajaran PAI dalam membentuk kedisiplinan siswa kelas VII ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang di alami oleh subjek penelitian misalnya mengenai perilaku, persepsi, motivasi tindakan dan lain lain secara holistik dan dengan cara deskripsi. Sumber data primer yang di ambil adalah guru PAI, Waka kesiswaan, dan siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentas. Teknik analisa data yang dipilih adalah teknik analisa data kualitatif miles dan hubberman. Penelitian ini menghasilkan perencanaan guru PAI dalam membentuk kedisiplinan siswa yaitu dengan menyusun program RPP siswa, memaksimalkan absensi kelas dan kegiatan keagamaan dan menyampaikan aturan tata tertib terhadap siswa, proses strategi guru PAI dengan mengamati waktu, kerapian dan perlengkapan siswa. Membuat kesepakatan dengan siswa memberikan keteladanan, mengingatkan, dan memberi saksi Kepada siswa yang melanggar. Juga mengevaluasi program strategi guru PAI apakah sudah berjalan dengan apa yang di rencanakan mengubah jika kurang lancar dan memberikan reward atau hadiah kepada siswa. Kata Kunci : Strategi, Guru PAI, Kedisiplinan
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8855
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group