Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Toleransi Beragama Siswa di SMP Negeri 13 Malang
Abstract
Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman budaya, suku, ras, agama dan Bahasa. Saat ini masih marak fenomena toleransi anatar umat beragam kurang melekat pada diri setiap orang. Perlunya toleransi beragama ini untuk menghindari adanya konflik antar umat beragama. Dengan kita mengajarkan toleransi beragama sejak dini, secara tidak langsung kita membiasakan siswa untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan agama. Dengan kita menanamkan toleransi beragama sejak dini juga siswa akan terbiasa dalam bertoleransi beragama setiap harinya.
Dari latar belakang diatas maka tjuan peneliti yaitu: untuk mendeskrisikan perencaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan toleransi beragama siswa di SMP Negeri 13 Malang, pelaksanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan toleransi beragama siswa di SMP Negeri 13 Malang dan evaluasi strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan toleransi beragama siswa di SMP Negeri 13 Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Metode: 1) Metode Observasi yang berupa Observasi Pasif yaitu peneliti hadir ditempat kegiatan orang yang diamati, akan tetapi tidak ikut terlibat dalam kegiatan tersebut. Sehingga Data yang diamati yakni fokus yang kedua tentang proses pelaksanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan toleransi beragama siswa di SMP Negeri 13 Malang. 2) Metode Wawancara menggunakan Wawancara tidak terstruktur. Sehingga data yang diperoleh melalui informasi-informasi yang berhubungan dengan fokus ke 1 dan 3 yaitu terkait perencanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan toleransi beragama siswa di SMP Negeri 13 Malang, serta evaluasi strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan toleransi beragama siswa di SMP Negeri 13 Malang. 3) Metode Dokumentasi yang berupa visi dan misi, Tujuan Sekolah, dan Modul Ajar, data siswa muslim dan non muslim. Sehingga data yang digunakan untuk mendapatkan Informasi yang berhubungan dengan ketiga fokus penelitian.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan toleransi beragama siswa di SMP Negeri 13 Malang antara lain: Guru ditugaskan mengikuti diklat moderasi beragama, perencanaan modul ajar, program projek penguatan profil pelajar Pancasila dan program sekolah ramah anak. 2) Pelaksanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan toleransi beragama siswa di SMP Negeri 13 Malang yaitu dalam pelaksanaan melalui: Pemberian motivasi dan nasehat, pemberian sarana dan prasarana yang sama, keteladanan dan Pembiasaan. 4) Evaluasi strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan toleransi beragama siswa di SMP Negeri 13 Malang melalui: Tes yang berupa pertanyaan dan laporan dari tatib, serta hasil dari evaluasi toleransi beragama siswa.
Kata Kunci : Strategi, Pendidikan Agama Islam,Toleransi Beragama