Show simple item record

dc.contributor.authorRamli, Jubaida
dc.date.accessioned2020-12-15T03:57:26Z
dc.date.available2020-12-15T03:57:26Z
dc.date.issued2020-07-03
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/885
dc.description.abstractBerdasarkan hasil studi pendahuluan melalui wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan guru matematika kelas VIII D SMP Islam 1 Batu, diperoleh informasi bahwa kemampuan representasi matematis peserta didik masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena faktor guru dalam mengajar belum mampu menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai, sehingga pembelajaran kurang efektif. Atas pertimbangan hal tersebut, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan media Cabri 3D. Penggunaan model pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan media Cabri 3D diharapkan dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis serta dapat dengan menyelesaikan permasalahan dengan lebih baik pada materi kubus dan balok kelas VIII di SMP Islam 1 Batu tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan bantuan Cabri 3D dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis materi kubus dan balok peserta didik kelas VIII. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif sebagai pendekatan utama dan pendekatan kuantitaif sebagai pelengkap dari pendekatan utama. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilakukakn dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini di lakukan pada bulan Februari-Maret 2020 di SMP Islam 1 Batu pada Batu tahun pelajaran 2019/2020. Sumber data penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII D dengan jumlah 25 peserta didik. Data yang digunakan adalah data kualitataif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara, catatan lapangan, serta respon peserta didik selama proses pembelajaran. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes akhir siklus I dan siklus II dengan mencari persentasenya. Berdasarkan hasil penilitian, disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan bantuan Cabri 3D mampu meningkatkan kemampuan representasi peserta didik dengan langkahlangkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Kegiatan pendahuluan; (2) Kegiatan inti; dan (3) Penutup dengan hasil pengamatan sebagai berikut: (1) Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I menunjukan persentase sebesar 79,04%, sedangkan pada siklus II sebesar , hal ini menunjukan peningkatan aktivita guru di dalam kelas pada silus II; (2) Hasil observasi kegiatan peserta didik pada siklus I menunjukan persentase sebesar 73,80%, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi ; (3) Berdasarkan hasil tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus, maka diperoleh persentase ketuntasan pada tes siklus I yaitu sebesar , sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sebesar , (4) Hasil respon wawancara terhadap peserta didik, diperoleh persentase sebesar 50%, pada siklus II meningkat menjadi . Penerapan model pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan media Cabri 3D dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Hal tersebut dapat diketahui pada siklus II karena telah mencapai semua indikator keberhasilan yang ditetapkan. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan media Cabri 3D mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis materi kubus dan balok pada peserta didik kelas VIII D SMP Islam 1 Batu tahun pelajaran 2019/2020.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectModel Eliciting Activities MEAsen_US
dc.subjectCabri 3Den_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) dengan Media Cabri 3D pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record