dc.description.abstract | Berdasarkan hasil studi pendahuluan melalui wawancara dan observasi
yang dilakukan oleh peneliti dengan guru matematika kelas VIII D SMP Islam 1
Batu, diperoleh informasi bahwa kemampuan representasi matematis peserta didik
masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena faktor guru dalam mengajar
belum mampu menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai,
sehingga pembelajaran kurang efektif. Atas pertimbangan hal tersebut, maka
dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran Model Eliciting
Activities (MEAs) dengan media Cabri 3D. Penggunaan model pembelajaran
Model Eliciting Activities (MEAs) dengan media Cabri 3D diharapkan dapat
meningkatkan kemampuan representasi matematis serta dapat dengan
menyelesaikan permasalahan dengan lebih baik pada materi kubus dan balok
kelas VIII di SMP Islam 1 Batu tahun pelajaran 2019/2020.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan penerapan model
pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan bantuan Cabri 3D dalam
meningkatkan kemampuan representasi matematis materi kubus dan balok peserta
didik kelas VIII. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif sebagai
pendekatan utama dan pendekatan kuantitaif sebagai pelengkap dari pendekatan
utama. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian tindakan kelas dilakukakn dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi
4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Penelitian ini di lakukan pada bulan Februari-Maret 2020 di SMP Islam 1 Batu
pada Batu tahun pelajaran 2019/2020. Sumber data penelitian adalah seluruh
peserta didik kelas VIII D dengan jumlah 25 peserta didik. Data yang digunakan
adalah data kualitataif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil
observasi, wawancara, catatan lapangan, serta respon peserta didik selama proses
pembelajaran. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes akhir siklus I dan
siklus II dengan mencari persentasenya.
Berdasarkan hasil penilitian, disimpulkan bahwa melalui penerapan model
pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan bantuan Cabri 3D
mampu meningkatkan kemampuan representasi peserta didik dengan langkahlangkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Kegiatan pendahuluan; (2) Kegiatan
inti; dan (3) Penutup dengan hasil pengamatan sebagai berikut: (1) Hasil observasi
kegiatan guru pada siklus I menunjukan persentase sebesar 79,04%, sedangkan
pada siklus II sebesar , hal ini menunjukan peningkatan aktivita guru di
dalam kelas pada silus II; (2) Hasil observasi kegiatan peserta didik pada siklus I
menunjukan persentase sebesar 73,80%, mengalami peningkatan pada siklus II
menjadi ; (3) Berdasarkan hasil tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus,
maka diperoleh persentase ketuntasan pada tes siklus I yaitu sebesar ,
sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sebesar , (4) Hasil respon
wawancara terhadap peserta didik, diperoleh persentase sebesar 50%, pada siklus
II meningkat menjadi .
Penerapan model pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan
media Cabri 3D dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta
didik. Hal tersebut dapat diketahui pada siklus II karena telah mencapai semua
indikator keberhasilan yang ditetapkan. Oleh karena itu, penerapan model
pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan media Cabri 3D mampu
meningkatkan kemampuan representasi matematis materi kubus dan balok pada
peserta didik kelas VIII D SMP Islam 1 Batu tahun pelajaran 2019/2020. | en_US |