Show simple item record

dc.contributor.authorSanuriah
dc.date.accessioned2024-01-08T02:33:08Z
dc.date.available2024-01-08T02:33:08Z
dc.date.issued2023-08-11
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8893
dc.description.abstractPelajaran matematika adalah pelajaran yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan karena ada berbagai macam manfaat saat belajar matematika. Dalam pembelajaran matematika, siswa tidak hanya dituntut memahami materi yang diajarkan, tetapi juga diharuskan memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika. Namun banyak siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan soal kemampuan pemecahan masalah sebagian besar siswa hanya menghafalkan rumus tanpa memahami proses mendapatkan rumus tersebut, dan siswa sulit menyusun rencana untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan menggunakan informasi yang diketahui. Sesuai hasil wawancara peneliti dengan guru bidang studi matematika di kelas, hal ini juga terjadi pada kelas VIII SMP Islam Ma’arif 03 Kota Malang disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi peluang pada siswa kelas VIII SMP Islam Ma’arif 03 Kota Malang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Ma’arif 03 Kota Malang tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari: tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan tiga tahap, yaitu: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan analisis data kuantitatif dalam penelitian ini hanya sebagai pelengkap tidak sampai pada uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi peluang pada siswa kelas VIII SMP Islam Ma’arif 03 Kota Malang tahun ajaran 2022/2023. Adapun deskripsi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat dilihat dari hasil penelitian yang diperoleh yakni: (1) ketuntasan pada tes akhir siklus I sebesar 65% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 61,2. Sedangkan pada siklus II mencapai 80% dengan nilai rata-rata 78,55. (2) hasil observasi kesesuaian kegiatan guru dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I mencapai 74% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,4%. (3) hasil observasi kesesuaian aktivitas siswa dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I mencapai 71,6% sedangkan pada siklus II menjadi 85,2%. (4) hasil persentase wawancara dari 3 siswa pada siklus I mencapai 66,66% yaitu 2 dari 3 siswa menyatakan senang dan pada siklus II menjadi 100% yaitu semua siswa menyatakan senang dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Scramble untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi peluang pada siswa kelas VIII SMP Islam Ma’arif 03 Kota Malang tahun ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Penerapan, Kooperatif Tipe Scramble, Pemecahan Masalahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPenerapanen_US
dc.subjectKooperatif Tipe Scrambleen_US
dc.subjectPemecahan Masalahen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Peluang Kelas VIII SMP Islam Ma’arif 03 Kota Malang Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record