Show simple item record

dc.contributor.authorAngraini, Hersa
dc.date.accessioned2024-01-11T07:05:54Z
dc.date.available2024-01-11T07:05:54Z
dc.date.issued2023-08-11
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8998
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang masih belum mampu untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan rendahnya literasi matematis dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan adanya model pembelajaran yang berpengaruh terhadap literasi matematis dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap literasi matematis peserta didik pada materi statistika kelas VIII MTsN Batu, (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi statistika kelas VIII MTsN Batu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan true eksperimental design dan desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN Batu. Pemilihan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VIII-H sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-J sebagai kelas eksperimen untuk selanjutnya diberikan soal pretest-postest. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap literasi matematis peserta didik pada materi statistika kelas VIII MTsN Batu. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji independent sample t-test nilai mean ± SD literasi matematis peserta didik pada pada posttest kelas kontrol adalah 85.32±1.41 dan posttest kelas eksperimen adalah 96.36±2.38 dengan p-value = 0,000, Sedangkan hasil uji paired t-test nilai mean ± SD pretest kelas eksperimen adalah 44,70 ± 3,50 dan posttest kelas eksperimen adalah 90,84 ± 5,90 dengan p-value 0,000. (2) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi statistika kelas VIII MTsN Batu. Hal ini ditunjukkan dari nilai hasil uji independent sample t-test nilai mean ± SD kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pada posttest kelas kontrol adalah 85.40±1.89 dan posttest kelas eksperimen adalah 96.00±2.53 dengan p-value = 0,000, Sedangkan hasil uji paired t-test nilai mean ± SD pretest kelas eksperimen adalah 45,66 ± 2,70 dan posttest kelas eksperimen adalah 90,70 ± 5,79 dengan p-value 0,000. Kata Kunci : Literasi Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining, Materi Statistikaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectLiterasi Matematisen_US
dc.subjectKemampuan Komunikasi Matematisen_US
dc.subjectPembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explainingen_US
dc.subjectMateri Statistikaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Literasi Matematis dan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Materi Statistika Kelas VIII MTs Negeri Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record