View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Nilai-Nilai Asawaja dalam Pergaulan Siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama) Plus Hidayatul Mubtadiin

Thumbnail
View/Open
Publish (2.367Mb)
Fulltext (2.524Mb)
Date
2022-07-16
Author
Rahmatulloh, Ahmad Miftahul Iqbal
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendidikan sekolah saat ini perlu ditanamkan norma-norma agama dan nilai-nilai Aswaja pada peserta didik agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang menyimpang. Peran guru sangat penting dalam pengimplementasian nilai-nilai Aswaja kepada peserta didik agar mampu bergaul dengan baik tanpa mengesampingkan norma-norma agama. Aswaja dianggap sesuai dengan Islam Indonesia. Karena didalmanya terdapat prinsip-prinsip atau nilai-nilai Tawassuth (moderat), Tawazun (seimbang), Tasamuh (toleran) dan I’tidal (tegak lurus) serta Amar Ma’ruf Nahi Munkar (menyerukan kebaikan menjauhi larangan). Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Apa saja Nilai Nilai Aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari? (2) Bagaimana proses internalisasi nilai nilai aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari? (3) Bagaimana model implementasi nilai nilai aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan nilai-nilai Aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari. (2) Mendeskripsikan proses internalisasi nilai nilai aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari. (3) Mendeskripsikan model implementasi nilai nilai aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari Pendekatan penelitiannya adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang Implementasi Nilai-Nilai Aswaja Dalam Pergaulan Siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari, sebagai berikut: (1)Nilai-Nilai Aswaja yang digunakan dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari yaitu tasamuh, amar ma’ruf, tawasuth, I’dal, dan tawazun. (2) Proses Internalisasi nilai-nilai aswaja dalam pergaulan siswa di SMP Plus Hidayatul Mubtadiin berjalan kurang baik, hal ini dapat dibuktikan bahwasannya nilai nilai aswaja pada siswa belum tertanam sepenuhnya. (3) Implementasi nilai-nilai Aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari dilakukan dengan menggunakan beberapa metode. Pengimplementasian nilai-nilai tersebut digunakan dengan beberapa metode, yaitu pembiasaan dan pembelajaran. Kata Kunci: Implementasi, Aswaja, Pergaulan
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9012
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group