Implementasi Nilai-Nilai Asawaja dalam Pergaulan Siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama) Plus Hidayatul Mubtadiin
Abstract
Pendidikan sekolah saat ini perlu ditanamkan norma-norma agama dan nilai-nilai Aswaja pada peserta didik agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang menyimpang. Peran guru sangat penting dalam pengimplementasian nilai-nilai Aswaja kepada peserta didik agar mampu bergaul dengan baik tanpa mengesampingkan norma-norma agama. Aswaja dianggap sesuai dengan Islam Indonesia. Karena didalmanya terdapat prinsip-prinsip atau nilai-nilai Tawassuth (moderat), Tawazun (seimbang), Tasamuh (toleran) dan I’tidal (tegak lurus) serta Amar Ma’ruf Nahi Munkar (menyerukan kebaikan menjauhi larangan).
Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Apa saja Nilai Nilai Aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari? (2) Bagaimana proses internalisasi nilai nilai aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari? (3) Bagaimana model implementasi nilai nilai aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari?
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan nilai-nilai Aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari. (2) Mendeskripsikan proses internalisasi nilai nilai aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari. (3) Mendeskripsikan model implementasi nilai nilai aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari
Pendekatan penelitiannya adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang Implementasi Nilai-Nilai Aswaja Dalam Pergaulan Siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari, sebagai berikut: (1)Nilai-Nilai Aswaja yang digunakan dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari yaitu tasamuh, amar ma’ruf, tawasuth, I’dal, dan tawazun. (2) Proses Internalisasi nilai-nilai aswaja dalam pergaulan siswa di SMP Plus Hidayatul Mubtadiin berjalan kurang baik, hal ini dapat dibuktikan bahwasannya nilai nilai aswaja pada siswa belum tertanam sepenuhnya. (3) Implementasi nilai-nilai Aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari dilakukan dengan menggunakan beberapa metode. Pengimplementasian nilai-nilai tersebut digunakan dengan beberapa metode, yaitu pembiasaan dan pembelajaran. Kata Kunci: Implementasi, Aswaja, Pergaulan